Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rawat Sakelar Rem Belakang, Modal Rp 15 Ribu Doang!

billy - Minggu, 27 Oktober 2013 | 08:40 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Jakarta - Fungsi lampu rem sebagai sinyal kepada pengendara di belakang. Lampu ini akan aktif ketika kita menarik tuas rem depan dan menginjak rem belakang. Pada handel dan pijakan rem terdapat semacam sakelar yang akan mengaktifkan lampu rem ketika handel atau pijakan rem belakang ditekan.

Karena usia pakai dan kotoran, sakelar ini terkadang suka ngadat. “Kalo untuk sakelar yang rem depan cukup disemprot pakai cairan pembersih saja,” papar Heri Prasetyawan dari Jaw’s Speed. Tapi lain cerita dengan saklar rem belakang.

Bentuk sakelar rem belakang memanjang yang di bawahnya terdapat lubang untuk mengaitkan kawat yang terhubung dengan pijakan rem belakang. Karena posisinya yang agak nyempit dan dekat roda, maka sering kali kotor dan rusak.

Yang paling gampang terlihat punya motor Yamaha dan Honda, kalo Suzuki seperti Satria F agak terpencil. “Mending diganti deh karena ini nyangkut soal safety juga,” saran Wawan, sapaannya. Harga sakelar rem belakang ini di bengkel non resmi sekitar Rp 15 ribu loh, murah meriah.

Oiya, sakelar rem belakang ini hanya berlaku untuk motor sport dan bebek ya. Karena motor tipe skutik sakelar rem belakang juga berada di handel rem, jadi cara membersihkannya sama dengan sakelar rem depan.


1. Ini dia contoh sakelar rem belakang, modelnya universal jadi bisa dipasang di motor merek apa saja asal tipe sport atau bebek. Lepaskan sakelar lama dari dudukan dan kawat pengubung pijakan rem, lalu pasang sakelar baru.

2. Lepas dulu kabel sakelar rem belakang, cara mencarinya tinggal urut saja kabel yang nempel di sakelar dan lepaskan soketnya.

3. Lepaskan saklar lama dari dudukan dan kawat penghubung pijakan rem, lalu pasang saklar baru.

4. Kawat penghubung bisa disesuaikan lagi bentuk kaitnya, pastinya sakelar bergerak bebas ketika kawat tertarik. Atur lagi setingan ketinggian sakelar dengan cara diputar. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa