Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Setang X-Ride Offroad, Jangan Terlalu Lebar!

billy - Rabu, 23 Oktober 2013 | 07:57 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Standarnya masih mumpuni kok!

Jakarta - Bermain adventure offroad, enggak hanya soal kesiapan fisik. Tapi juga soal tunggangan yang handlingnya enggak menyusahkan si rider. Buat Yamaha X-Ride yang hendak diturunkan di ajang adventure offroad, sebenarnya area kemudianya sudah ideal.

Mengandalkan setang standar pun masih berani diajak main off road. Tapi buat yang mau meningkatkan handling-nya boleh ikuti saran yang satu ini

Topo Goedel Atmodjo, owner Tauco Custom memberi saran, menurutnya setang kemudi X-Ride yang pendek membuat handling relatif lebih berat, apalagi kalau ketemunya jalanan tanah atau yang berbatu.

Apa yang dibilang Topo tersebut, berdasarkan apa yang sudah dilakukan terhadap X-Ride. Dengan pelek depan berukuran 17 inci, beberapa waktu lalu pria yang workshopnya di kawasan Jagakarsa, Jaksel jajal X-Ride di trek adventure offroad kawasan Hmabalang, Bogor.

No caption
No credit
No caption

Jangan ganti dengan setang yang terlalu lebar.
 

Soal pemilihan setang buat X-Ride, juga enggak bisa sembarangan. Terlalu lebar, malah akan buat handlingnya terlalu enteng. Hal tersebut dikarenakan, mesin X-Ride ada di tengah dan membuat minim beban pada bagian depan. Berbeda dengan motor batangan atau tipe bebek yang dibikin adventure offroad, sisi depannya masih ada beban.

“Paling pas X-Ride buat adventure offroad, mengaplikasikan setang bawaan Kawasaki Ninja R. Atau juga bisa pakai setang bawaan trail Suzuki TS,” anjur Topo.

Walau sudah berhenti produksi, namun enggak perlu kuatir mencari setang TS. Dengan masih banyaknya penggemar trail mesin 2 tak tersebut, setang orisinalnya masih banyak yang menyediakan.

Urusan pasang setang yang lebih lebar dari standarnya, juga berkaitan dengan soal posisi berkendara. Seperti biasa, posisi berkendara yang nyaman buat rider yang dicari.

Oleh karenanya, pemilihan raiser sebagai dudukan setang juga kudu diperhatikan juga. “Jangan terlalu pendek, soalnya bisa bikin enggak nyaman saat berkendara. Terutama kalau harus melibas jalanan berbatu,” terang Topo. (motor.otomotifnet.com) 

----------------------------------------



Untuk informasi regulasi dan pendaftaran Extreme Ride Adventure Challenge (X-Race),
silahkan klik di sini.

Event yang digelar pada 9-10 November 2013 mendatang ini akan memacu adrenalin para penyuka kegiatan off road khususnya pemakai Yamaha X-Ride dan trail Yamaha. Hadiah jutaan Rupiah dan doorprize satu unit Toyota Etios Falco JX juga disiapkan untuk para pemberani!


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa