Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tabung Sok Depan X-Ride Pakai Supra X125, Cocok Untuk Offroad

billy - Senin, 21 Oktober 2013 | 08:34 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

As sokbraker depan mengandalkan punya Supra X 125, tabungnya masih bisa pakai standar X-Ride

Jakarta - Masih soal kaki-kaki, kalau Anda ingin menggunakan Yamaha X-Ride untuk kegiatan adventure offroad, khususnya yang tertantang turun di Extreme Ride Adventure Challenge (X-Race) pada 9-10 November 2013 mendatang. Bagian sok depan yang kali ini dibahas untuk keperluan main lumpur.

Dengan menggunakan pelek standar yang berukuran 14 inci, tentunya enggak banyak ubahan yang perlu dilakukan pada sok depan X-Ride. Hanya pada penentuan berapa banyak oli yang dimasukkan dalam tabung. “Kalau urusan lembut atau kerasnya sok, tergantung dari kebiasaan dari ridernya,” jelas Cecep Didin dari klub adventure trail Ur-Off, Purwakarta.

OTOMOTIF sempat jajal X-Ride dengan pelek standar dan ban pacul di areal trek tanah kawasan Hambalang, Sentul. Dengan pelek kecil, ternyata malah membuat X-Ride kurang lincah melibas trek tanah.

Dengan alasan yang sama, Cecep Didin yang biasa dipanggil pak guru menyarankan untuk ganti dengan pelek yang ukurannya 17 inci. “Itu dari pengalaman saat pertama kali main adventure offroad, pakainya skutik Yamaha Mio. Beda jauh saat pakai pelek 14 inci dan kemudian diganti dengan 17 inci,” jelasnya.

Penggantian pelek yang menjadi 17 inci, tentunya dibutuhkan penyesuaian pada sektor kaki-kaki bagian depan. Butuh yang lebih panjang, agar ban enggak mentok atau menggerus cover bodi depan.

Pak Guru dari Ur-Off itu sudah melakukan eksperimen pada Mio tunggangannya dan sudah beebrapa kali dipakai mengaduk-aduk jalur tanah seputaran Purwakarta. Eksperimen yang dilakukan adalah dengan mengganti as sok depan X-Ride dengan bawaan Honda Supra X125.


Pen piston bawaan Supra X125 dijadikan pengganjal sulingan sok bagian bawah, baut L di bawah tabung harus diganti yang lebih panjang.

“Diameternya sama dengan Mio, sehingga enggak perlu ada perubahan saat pemasangannya. Tabungnya tetap pakai bawaan Mio dan kalau tabungnya X-Ride sama dengan Mio, enggak perlu ganti juga,” jelas pak guru.

Meski tinggal pasang, bukan berarti langsung bisa dipakai. Ternyata dengan tetap menggunakan per standar Mio, belum bisa maksimal buat bermain adnventure offroad. Alhasil per Mio ikut alias dipensiunkan. Sebagai gantinya, per bawaan Supra plus sulingannya yang dipasang dalam tabung Mio.

“Modifikasi seperti ini, juga masih terasa kurang. Oleh karenanya ada yang menyarankan untuk mengganjal bagian bawah sulingan Supra X125 yang dipasang ke tabung Mio. Pen piston bawaan Supra X125 yang dijadikan pengganjal sulingan sok bagian bawah,” terang pak guru.

Dengan memasangkan pengganjal, mau tidak mau baut ‘L’ yang ada di bawah tabung sok mesti diganti dengan yang lebih panjang. Paling akhir adalah soal kebutuhan oli sok dan itu masihtetap tergantung dengan keinginan pengguna X-Ride.  

Mudah dan gak perlu komponen mahal untuk memaksimalkan suspensi standarnya! (motor.otomotifnet.com) 


----------------------------------------

Untuk informasi dan pendaftaran Extreme Ride Adventure Challenge (X-Race),
silahkan klik di sini.

Event yang digelar pada 9-10 November 2013 mendatang ini akan memacu adrenalin para penyuka kegiatan off road khususnya pemakai Yamaha X-Ride dan trail Yamaha. Hadiah jutaan Rupiah dan doorprize satu unit Toyota Etios Falco JX juga disiapkan untuk para pemberani!

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa