Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali Penyebab Suara Knalpot Aftermarket Pecah

Dimas Pradopo - Rabu, 23 Oktober 2013 | 14:06 WIB

Otomotifnet.com - Imam merasa kesal. Pasalnya, suara knalpot aftermarket pada motor Honda Blade kesayangannya berubah.
 
Padahal usia pakai knalpotnya baru sekitar 5 bulan. "Jadi lebih kencang dan pecah suaranya bro. Padahal sebelumnya suaranya terdengar bulat dan ngebas," dengusnya.

Hal ini ditanggapi langsung oleh Toto staf produsen knalpot AHRS Depok. "Penyebab suara knalpot pecah ada beberapa macam. Bisa dari pengaruh glasswool atau penggunaan bahan pipa dan silencer yang kurang berkualitas."

Untuk knalpot dengan bahan kurang berkualitas bisa ditengok dari pipanya yang cepat menguning. "Bahkan, pipa bisa karatan dan bocor. Tentu suaranya lebih cepat pecah karena bocor atau berkarat," urai Toto.

Sedangkan pengaruh perubahan suara knalpot paling signifikan ada di komponen glasswool yang habis karena beberapa hal. Mulai dari habis terbakar karena panas knalpot atau hilang terbawa aliran gas buang. "Bisa juga terkikis saat mencuci motor," ungkap Toto.

“Kalau glasswool habis sih biasa. Ya cukup ganti saja, murah kok. Perlembar sekitar Rp 5 ribu," tutup pria yang bermarkas di AHRS Depok, Jl Tole Iskandar No. 162, Depok. Telepon 021-77820649.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa