Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Rawat Krom, Hujan Jadi Musuh Utama

billy - Kamis, 26 September 2013 | 13:29 WIB
No caption
No credit
No caption


Bekasi - Lapisan krom pada sepeda motor masih diminati oleh para bikers yang ingin tunggangannya terlihat lebih kinclong dan terkesan eksklusif. Pelek, knalpot, blok mesin dan bagian motor lainnya biasa menjadi objek untuk dilapisi krom. Tapi susah ga sih merawat krom biar selalu terlihat kinclong?

“Melapisi sepeda motor dengan krom pastinya membuat motor terlihat lebih keren, tapi tentu ada konsekuensinya, perawatan harus lebih intens agar kromnya awet dan tahan lama,” kata Gepeng, dari Garage of Chrome, yang berlokasi di Jln Nusa Indah Raya no 210 B, Pekayon Jakasetia, Bekasi Selatan.

Gepeng bilang, musuh utama krom adalah air hujan. “Iya, air hujan mengandung air asam dengan kadar yang tinggi. Nah kalau krom kelamaan kena air hujan dan tidak segera dibersihkan, air hujan bisa mengendap yang akan menimbulkan karat. Sebagus apapun kualitas kromnya, kalau keseringan kena air hujan juga akan bikin karat dan menguning,” jelas Gepeng.

Untuk membilasnya, Gepeng menyarankan agar bagian yang terkena air hujan dibilas dengan air bersih dan dilap menggunakan kain yang bertekstur halus.

Gepeng juga mewanti-wanti, agar saat membersihkan krom tidak menggunakan cairan yang mengandung bahan kimia. “Cairan berbahan kimia mudah mengikis lapisan krom, efek yang ditimbulkan pada krom biasanya akan jadi menguning,” ujar Gepeng.

Terus, bersihinnya pakai apa dong? “Gunakan saja bedak. Olesi bedak di bagian yang akan dibersihkan, lalu dilap dengan kain halus tadi,” kata Gepeng. Kalau sudah dirawat secara baik, Gepeng menjamin krom yang melapisi bagian motor bisa awet hingga 3-5 tahun.

Sip deh!!! (motor.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa