Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Camshaft Yamaha Mio J Dipasang di Byson, Bebas Atur Lift

billy - Sabtu, 21 September 2013 | 12:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

gambar.1
Bali - Performa Byson memang masih bisa ditingkatkan. Hal ini pun dilakukan para pemilik motor bersosok macho ini. Bore-up menjadi salah satu alternatif meningkatkan power Byson. Namun mengganti piston ukuran jumbo masih menuntut penyesuaian pada sistem buka tutup klepnya. Kem pun harus ikut disesuaikan dengan membengkaknya kapasitas mesin.

Masalah yang sering timbul jika kita mengubah poros bubungan standar Byson adalah setelan klep terlalu dalam, karena standarnya saja setelan klepnya sudah hampir habis. Selain itu kalo kem standar kita pangkas, maka profil kem akan semakin kecil, dan tentu saja akan menghasilkan debit bahan bakar yang kurang maksimal. Nah lo…

Lalu gimana solusinya? Tenang sob..untuk masalah ini Ngurah Oka, staff divisi service DDS Yamaha Bali punya solusi cerdas. “Bisa pakai kem Mio J, Soul GT atau Mio GT, Cuma perlu sedikit penyesuaian,” ungkap Pria berkantor di Jl. Diponegoro no 57X, Denpasar, Bali ini. Apa saja yang perlu disesuaikan?

No caption
No credit
No caption

gambar.2

Pertama bisa memangkas ujung belakang kem sebanyak 1,5 mm, kalo diameternya sudah sama persis. Nah setelah itu kelar, penyesuaian berikutnya di dudukan gigi timing. Secara fisik sudah terlihat kan kem Mio J hanya berdiameter 19,7 mm, sedang Byson 29.3 mm (gbr. 1 ). “Perlu dibuatkan bosh di tukang bubut, dipres langsung ke kem Mio J ,“ jelas pria berkulit putih ini. ”Oh ya, panjang bosh itu 22,1 mm aja (gbr. 2 ),” imbuh Ngurah.

"Perlu diperhatikan juga, untuk diameter boshing dudukan bearing camshaft di belakang gigi timing diameternya 28,8 mm, agar bearing terpasang dengan seret,” wanti Ngurah dengan logat Bali kentalnya.


gambar.3

Boshing beres selanjutnya tinggal pembuatan lubang untuk pin pengunci gigi timing-nya. Bisa disesuaikaan dengan standartnya (gbr.3 ). Jika sudah, monggo dipapas pantat kem sesuai lift yang diinginkan.

Jika diperlukan bisa juga tetap memasang perangkat dekompresi aslinya, “ Tinggal lubangi saja untuk dudukan dekompresi, kalo kem standar kita papas, jangan harap bisa pasang alat ini,” ungkap Ngurah.

Selamat mencoba! (motor.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa