Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Reset ECU Kawasaki KLX 250, Cukup Tempelkan ke Massa

billy - Jumat, 23 Agustus 2013 | 08:38 WIB
Reset ECU Kawasaki KLX 250, Cukup Tempelkan ke Massa
Ketut
Reset ECU Kawasaki KLX 250, Cukup Tempelkan ke Massa

Reset ECU Kawasaki KLX 250, Cukup Tempelkan ke Massa
Ketut
Reset ECU Kawasaki KLX 250, Cukup Tempelkan ke Massa
Bagi pemilik Kawasaki KLX 250 mungkin pernah mengalami hal satu ini, meski tak bikin panik seisi rumah.
 
Paniknya, disebabkan ketika terjadi kerusakan pada sistem injeksinya. Lampu indikasi kerusakan injeksi (FI) di speedometer menyala. Namun setelah di benahi bagian yang bermasalah, lampu tetap menyala.

Hal ini juga bisa terjadi ketika service berkala yang menuntut pembongkaran dan pembersihan throttle body. Selain itu, masalah bisa muncul saat mencabut kabel sensor dalam posisi kunci kontak menyala. Ini juga berpotensi menyebabkan lampu sensor berkedip.

Lalu, gimana caranya menghilangkan nyala lampu tersebut? Ups, jangan panik! Harus cari sumber masalahnya terlebih dahulu.

“Misalkan bila terjadi kerusakan pada sensor temperatur yang ada di blok silinder. Maka, lampu akan menyala dan berkedip beberapa kali sesuai dengan kode kerusakan dari part yang alami masalah,” ungkap Made Suparta, Kordinator Service PT. Duta Intika, Main Dealer Kawasaki Bali.

Setelah tahu kerusakan part, sebaiknya sobat langsung mengganti part yang aus dengan part baru. Tetapi, usai mengganti parts yang bermasalah, jangan kaget kalau lampu masih tetap menyala,” jelas Made yang asli Mengwi, Kabupaten Badung, Bali ini.

Reset ECU Kawasaki KLX 250, Cukup Tempelkan ke Massa
Ketut
Reset ECU Kawasaki KLX 250, Cukup Tempelkan ke Massa
Hal ini disebabkan ECU perlu direset ulang. Kalo di dealer resmi Kawasaki bisa menggunakan Kawasaki Diagnostic Tools (KDT). Tetapi, menurut Made yang berkantor di Jl. Dewi Sri No. 99X, Kuta, Badung, Bali ini, sebetulnya bisa direset juga secara manual, lho.     

Untuk mereset ulang ECU secara manual, langkahnya sangat sederhana dan bisa dilakukan sendiri oleh sobat pemilik motor. Langkah pertama, kudu melepaskan cover samping belakang yang posisinya berada di atas knalpot KLX 250. Kemudian bila sudah terlepas, akan terlihat kabel oranye-hitam yang tidak tersambung.

Kalau pemilik motor  yang pernah bongkar bodi belakang KLX 250, tentu bakal bertanya fungsi kabel itu untuk apa? Dan, kenapa juga dari pabrikannya justru tidak tersambung. “Sebetulnya  fungsi kabel oranye yang tidak terhubung itu, disediakan untuk membatu  mereset ECU-nya,” lanjut Made.

Nah, Made yang baik hati ini beri tahu langkah-langkah melukan proses reset. Caranya mudah, silakan tempelkan kabel tersebut ke massa bodi selama sekitar 4 – 5 detik. Selanjutnya, putar kunci kontak pada posisi OFF. Lalu hidupkan kembali kunci pada keposisi ON.

Setelah proses ini dilakukan, problem indikator kerusakaan sistem injeksi yang terus menyala di spidometer dijamin hilang. Itu karena lampu indikator tersebut padam. Mudah banget dong!. 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa