Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Trik Atasi KIPS Kawasaki Ninja 150 Nyangkut

billy - Kamis, 22 Agustus 2013 | 08:19 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System) yang tertanam di Kawasaki Ninja 150, sengaja diciptakan untuk memaksimalkan kinerja mesin. Namun karena di dalam ruang pembakaran, part yang satu ini kerap nyangkut dan merepotkan. Itu karena ada penumpukan kerak sisa pembakaran di batang mekanis Super KIPS yang membuatnya macet.

Sejatinya, KIPS akan membuka ketika mesin bergasing di atas 7.000 rpm. Saat gas ditutup, mekanis KIPS tersangkut dan terus terbuka. Meskipun, putaran mesin sudah di bawah 7.000 rpm. Efeknya, motor terasa lebih berat dan boros plus suara motor terdengar tidak karuan.

Untuk menghilangkan gejala KIPS nyangkut ini, langkah paling benar ya bersihkan batang mekanik KIPS serta lubang KIPS di silinder. Bersihkan sampai semua kerak-kerak sisa pembakaran lenyap.


Lalu gimana kalau ini terjadi di jalan yang jauh dari bengkel dan rumah? Sobat, pasti cape deh nunggang Ninja penyakitan yang terdengar ngorok di putaran bawah.

Nah, buat keadaan darurat seperti itu, Arief Rahmansyah yang Chief Mekanik Super Sukses Motor Kawasaki Depo punya tips. Menurutnya cukup siapkan kunci sepuluh dan buka karet yang menutupi gigi-gigi mekanik KIPS.

Saat terlihat mur 10 mm yang terpasang di atas tiang mekanik KIPS, anda bisa memutar atau menggoyang mur tersebut dengan kunci 10 mm. Lakukan secara perlahan, hingga mekanik KIPS bergerak tidak menyangkut lagi dan kembali ke posisi semula. Tapi, ingat sob! teknik ini cuma buat keadaan darurat.

“Jangan terlalu keras menggoyangnya, karena tiang mekanis bisa patah. Dan, lapisan teflon yang melindungi batang KIPS juga bisa lecet” ujar Arief. (motorplus-online.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa