Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Lampu HID di Honda, Mudah Pasangnya!

billy - Senin, 26 Agustus 2013 | 08:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tiap motor punya arus listrik penerangan yang berbeda. Beberapa motor punya arus AC, dan DC. Contoh, motor bebek menggunakan arus AC. Coba di motor bebek, meski kontak sudah ON, lampu besar belum mau menyala. Kecuali, mesin dinyalakan.

Sedang motor lainnya, ada yang menggunakan sistem kelistrikan DC atau direct current. Tengok motor sport, lampu depan akan langsung menyala ketika kunci sudah ON, meskipun mesin belum dinyalakan.

Maka itu, ketika ingin ganti lampu tipe HID, sebaiknya sistem kelistrikan juga ikut diganti dengan tipe DC. Ini sesuai dengan kebutuhan HID yang tergantung battery alias aki.

Dalam pemasangan lampu HID, enggak ribet kok. Asal ngikutin langkah yang benar, lampu HID bisa nyala dengan baik. Berikut ini cara sederhana memasang lampu HID buat yang males bawa ke bengkel alias mau pasang sendiri.


Buat sampel, kita coba pasang ke Honda CBR 150R. Arusnya udah pakai DC, dengan bohlam berarus 35 watt, 6.000K. Tentu ini juga bisa diaplikasi ke motor lain yang tipe sama. Paket HID ini, dibanderol Rp 400 ribu. Tersedia di Layz Motor, Jl. Arteri Kelapa 2 No. 90 E, Jakarta Barat.

Pertama, setelah baut-baut dilepas, lampu standar motor dicopot dari batok beserta kabelnya. Diganti pasang menggunakan kabel set HID. Semua kudu urut ke body motor, dari belakang bagian aki hingga ke depan.

Oh ya! Enggak tersedia tempat buat ballast di CBR. Solusinya, kudu diumpetin. Misalnya, diselipkan di samping bodi motor, trus tutup covernya.

Selanjutnya, untuk bagian depan. Pasang kabel set ke jalur lampu utama. Biar lebih rapi, kabel warna biru dan putih alias buat lampu jarak jauh-dekat dikasih terminal. Setelah itu, baru dipasang ke kabel lampu utama. “Biar makin aman, ditutup pakai soket,” terang Yanto, mekanik di Layz Motor.

Yang perlu diperhatikan, kabel belakang yang menyambung ke aki, dipasang paling terakhir. “Sebab, jika kabel putih-biru bagian depan telanjang nempel ke bahan besi, bisa terjadi konsleting,” tutup pria yang bisa di hubungi di telepon (021) 5366-3025.

Nah, jika dipastikan semuanya oke, baru pasang deh kabel aki. Jangan sampe terbalik. merah, positif dan hitam untuk negatif. (motorplus-online.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa