Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Substitusi Kampas Kopling Satria F-150, Performa Naik dan Awet!

billy - Senin, 19 Agustus 2013 | 13:14 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sobat yang nyemplak Suzuki Satria F-150, ada tips menarik. Alfa Alwiar, mekanik yang bertugas di dealer Suzuki Mahkota Inti Sejahtera Depok, Jawa Barat, punya cara jitu dan simpel buat memaksimalkan kinerja kopling.

Cara ini sebenarnya telah lama muncul. Namun seiring bertambah pesatnya pengguna Satria F-150, trik ini kembali marak. “Ganti aja kampas koplingnya pakai Suzuki RGR 150. Dijamin lebih enak dan entakan lebih terasa,” tandasnya.

Pemasangannya gampang sob, nggak perlu bubut sana-sini untuk aplikasinya. Karena selain ukurannya sama, ketebalan kampas kopling juga sama persis. Jadi, tinggal plek langsung digas lagi tunggangannya.

Menurut si mekanik, kampas kopling milik Suzuki RGR bisa bekerja lebih baik. Karena dirancang khusus untuk mendapatkan traksi lebih buat imbangi karakter mesin 2-tak yang responsif.

Dilihat kasat mata, bahan yang digunakan juga nampak berbeda. Milik RGR tampak lebih rapi dan lebih kuat dibanding milik Satria F. Karena hingga saat ini, kampas kopling RGR masih diimport langsung dari Jepang.


Selain milik RGR, kampas kopling Suzuki TS 125 juga bisa jadi rujukan. “Tetapi, yang sudah-sudah, kampas kopling RGR bisa lebih tahan lama. Paling terasa kalau dipasang di motor korekan, kampas kopling RGR lebih kuat,” ujar makanik yang akrab dipanggil Ocem ini.

Masalah harga, selembar kopling RGR bisa dibeli seharga Rp 59 ribu. Jadi, sobat harus keluarkan kocek berkisar Rp 295 ribu untuk menebus 5 lembarnya.

Sedangkan untuk satu set kampas kopling Satria F-150 buatan lokal, hanya dibanderol Rp 120 ribu. Lumayan, selisih harganya Rp 175 ribu. Tapi sebanding dengan apa yang didapat. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa