Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pelek Yamaha Nouvo di Honda BeAT, Bisa Pakai 16 Inci

billy - Jumat, 2 Agustus 2013 | 14:32 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Ganti pelek diameter 14 inci jadi 16 inci, jadi salah satu tren di tahun 2013. Tetapi, pelek aftermarket ring 16 tipe cast wheels untuk Honda BeAT, sulit ditemukan di toko variasi.

“Kalau pakai yang jari-jari enggak bisa pakai tubless. Jadi ribet kalau bocor. Apalagi pakai ring 17, ban harus pakai ukuran kecil, jadi enggak bisa nikung. Pilihan terbaiknya adopsi pelek kepunyaan Yamaha Nouvo,” bilang Aditya Wahyu, bikers yang berprofesi sebagai salah satu Event Orginizer (EO) di kota Jakarta ini.

Agar pelek Nouvo bisa nempel di BeAT, Adit percayakan pengerjaannya ke bengkel specialis pelek, Anggrek Motor. Sebelum cara pemasangan, beli dulu deh part yang nantinya akan digunakan. Pelek Nouvo second, bisanya dijual kisaran Rp 800 – 900 ribu dan teromol belakang BeAT Rp 265 ribu.

Cara pasangnya. “Pelek Nouvo belakang, bagian teromolnya dibobok habis lewat alat bubut. Setelah teromol Nouvo bolong, lantas teromol BeAT juga ikut dibubut. “Disesuaikan lubang di pelek Nouvo. Setelah pas, baru deh dipress,” kata Wahidin, owner Anggrek Motor.

Jangan lupa! Saat dipress, posisi ban harus dibikin center dengan ban depan. “Buat mengikat teromol BeAT ke pelek Nouvo, gunakan sistem baut ala paku keling sebanyak 4 buah. Pakai baut 10 mm yang terbuat dari bahan baja. Kepala baut dipapas, lantas ditutup pakai dempul. Ini tanpa las,” aku pria yang stay di Batas, Ciledug, Tangerang.

Agar pelek depan bisa terpasang, sok depan harus dipasang terbalik. Sok kanan ke kiri, begitu sebaliknya. Dibagian laher, pakai ukuran 6202. Lantas dibikin bushing menyesuaikan as roda Honda. Kini, pelek Nouvo bisa terpasang kokoh di kaki BeAT. Soal biaya, Wahidin tawarkan pemasangan ini cukup Rp 500 ribu. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa