Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Usir Bunyi Berisik di Tensioner Rantai Keteng Suzuki Satria F150

billy - Senin, 15 Juli 2013 | 09:34 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Para penyemplak Suzuki Satria F-150 kerap galau. Itu karena diganggu bunyi tak sedap dari sektor mesin. Bunyinya, cek..cek..cek. Ya, macam bunyi cicak lagi merayu pasangannya. Wah, tahu-tahuan nih penulis sama bahasa cicak. Hadehhh...!

Lanjut! Usah resah dan gelisah. Apalagi sampai marah, inget puasa! Selain kerusakan piston, kopling, crankshaft, sampai bagian transmisi, suara ‘cicak’ itu biasa juga berasal dari rantai keteng.

“Bisa jadi karena cam chain tension adjuster-nya (alat penyetel otomatis; red) sudah aus. Kalau ente ganti, harganya sekitar Rp 170 ribu. Tetapi, bisa siasati dengan menyetel ulang,” ujar Darto, mekanik bengkel rumahan di Jl. Agung Raya I, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Modalnya, cuma obeng pipih dan kunci ring 8. Pertama, pastikan piston berada di posisi TOP. Ini wajib dilakukan buat antisipasi kerusakan klep. Jika sudah disesuaikan TOP-nya, lepas karet penutup dan lepas adjuster tensioner assy. Yaitu, dengan mengendurkan adjusting screw pakai obeng min (gbr. 1)

Pastikan, gerakan batang penekannya bekerja dengan baik. Jika batang penekan ini sudah uzur, macet atau mekanisme pegasnya rusak, silakan diganti (gbr. 2).

Perhatikan gerigi (pengunci screw adjusting) di bawah batang penekan. Dalam keadaan belum terlepas bagian dalam adjuster tensioner, angkat gerigi perlahan. Lalu, putar 360 derajat berlawanan arah jarum jam sampai pas dudukannya.

Maka, batang penekan tensioner lebih tinggi dari sebelumnya (gbr. 3). Kini, pasang lagi rumah adjusting tensioner ke mesin. Selesai!. (motorplus-online.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa