Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Sakelar Lampu ON/OFF Mio GT, Kembali Manual

billy - Rabu, 10 Juli 2013 | 13:32 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Kebijakan pemerintah, mewajibkan pengendara menyalakan lampu utama di siang hari. Maka itu, produsen motor alias pabrikan motor di Tanah Air pun sudah terapkan sakelar tanpa switch ON/OFF lampu. Jadi, ketika mesin hidup, lampu di headlamp ikut nyala.

Tetapi, bagi sebagian bikers, ada yang kurang setuju. Terutama, ketika pacuannya sudah aplikasi lampu utama model HID (High Intensity Discharge) yang cukup memakan banyak arus listrik dari aki.

“Mengatasinya, mereka hanya menghidupkan lampu senja saja untuk siang hari. Tapi, sakelar standar diganti pakai yang ada switchnya. Misal, Yamaha Mio GT ganti sakelar Mio Sporty atau Jupiter MX,” beber Uchay dari Uchay Speed di Jl. Tanah Kusir II, Jakarta Selatan.



Sakelar Mio yang punya kode 5TL dijual Rp 60 ribu. Sedangkan milik MX yang kodenya 5OC ditawarkan Rp 56 ribu. Keduanya pun punya bentuk yang sama dengan sakelar Mio GT. Bedanya, ya ada switch ON/OFF saja.

Untuk pemasangan, mudah. Tinggal jumper kabel saja. Di sakelar Mio Sporty atau MX, ada tiga kabel. Kuning-Merah (lampu utama), Biru-Hitam (switch jauh-dekat), Biru (lampu senja). Nah, warna kabel bodi di Mio GT juga sama seperti kabel sakelar Mio Sporty. Tinggal jumper.

“Jumper juga kabel lampu stop belakang yang warna biru. Jumpernya ke kabel warna biru yang lampu senja. Jadi ketika lampu senja hidup, lampu belakang juga ikut nyala,” kata Uchay yang punya nomor HP. 0888-08015469. (motorplus-online.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa