Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cek Tensioner Rantai Keteng New Megapro, Usir Suara Asing

billy - Senin, 3 Juni 2013 | 09:33 WIB
No caption
No credit
No caption


Ada keluhan dari pengguna Honda New Megapro. Gejala mesin, berisik setelah dibawa jalan beberapa saat. “Awal saat mesin dihidupkan dan diajak jalan, masih aman. Tapi, setelah satu jam baru keluar suara keter-keter,” kata Evnu Prastowo dari Thole Motor di Jl. Serdang Baru Raya No.7, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Suara itu muncul di area rantai keteng. “Bisa dipastikan dari LAT tensioner rantai keteng. LAT yang kepanjangan dari Lifter Assy Tensioner ini, fungsinya buat tonjokan rantai keteng,” papar Thole.

Begitu juga pendapat dari mekanik lain seperti Bronto Laras dari Mandiri Moto di Jl.Panjang No. 116, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. “LAT yang tak bekerja maksimal bikin peregangan rantai keteng jadi kendur. Apalagi bila mesin mulai panas,” kata Bronto yang beken dipanggil Bronx.

Memperbaikinya, harus dicek dan mainkan jarak main LAT. “Caranya, tekan tonjokan LAT,” jelas Bronx. “Jika kondisi LAT-nya sudah aus, biasanya akan turun kalau ditekan. Justru kalau masih bagus, jika ditekan tidak akan ada pergeseran,” kompak Thole dan Bronx.

Solusi jika dalam keadaan darurat, bisa menambahkan baut 12 di ujung tonjokan LAT. “Caranya dengan dilas,” imbuh Bronx. Tapi, ingat ini hanya untuk sementara, bro!

“Kalau sudah lakukan trik ini tetap bunyi suara berisik saat kondisi mesin panas, berarti part tersebut sudah waktunya diganti,” wanti Bronx. (motorplus-online.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa