Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Baut Rivet di Cover Bodi, Jangan Terlalu Kuat!

billy - Kamis, 28 Februari 2013 | 09:14 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Untuk menghubungkan antar bagian cover bodi motor, peranti ini biasa diikat pakai sekrup plus pelat pengunci di baliknya. Maka saat akan dikencangkan, jangan terlalu kuat agar ulir enggak dol atau patah covernya.

Karena tidak harus kuat, makanya di skubek Yamaha Mio J ada baut yang modelnya unik. Terdapat di cover depan bagian bawah atau di belakang sepatbor depan.

Baut bermaterial plastic itu tertanam di ring plastik yang nantinya akan berfungsi sebagai pengunci.

“Namanya baut rivet. Cara melepasnya begitu posisi baut kendur lalu cungkil bagian ring pakai kuku biar terlepas semua (ring dan baut),” ujar Eko Maryanto, mekanik Yamaha Mataram Sakti Ajibarang, Jawa Tengah.

"Dan pemasangannya, posisi baut dalam keadaan kendur dan masukkan semua ke lubang di cover. Kemudian, tekan bagian kepala baut dan nggak perlu diputar sudah mengembang alias kencang sendiri," jelasnya.

Saran Eko, ketika membuka dan mengencangkan baut pakai obeng kembang kecil, jangan terlalu kuat.

Resikonya, merusak kepala batu dari plastik. Makanya pastikan ukuran obeng dan trik ini diikuti benar. Selamat mencoba. (motorplus-online.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa