Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspadai Rembesan Oli di Mesin Honda C-Series

billy - Minggu, 14 April 2013 | 13:34 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Pemilik motor bebek merek Honda mulai dari generasi C-series hingga Revo, mesti waspada jika suatu saat ada rembesan oli di bawah blok mesin kiri. Posisi tersebut, merupakan tempat bernaungnya magnet dan sepul tipe kering yang memang tidak ada sirkulasi pelumas.

“Nggak terlalu resiko atau bikin korslet sepul pengapian kalau cuma terjadi rembesan. Tapi, kalau di diamkan, lama-kelamaan komponen bergesek cepat aus dan bikin mesin gampang overheat. Karena volume pelumas jadi berkurang takarannya,” ucap Surtiwa alias Iwa, instruktur sekolah mekanik HMTC Depok, Jawa Barat.

Adapun penyebab terjadi rembesan oli, lanjut Iwa biasanya sil poros kruk-as di balik magnet atau sil o-ring luar plate oil sparate sudah getas. Sehingga karet sil tidak mampu membendung tekanan oli di bak mesin. Sehingga, ada pelumas yang ikut tertekan keluar dalam bentuk rembesan.

Makanya kalau enggak ingin takaran pelumas di mesin berkurang dan tiba-tiba overheat, buruan ganti sil kruk as di balik magnet berikut sil o-ring. Ciri-cirinya, tentu lewat rembesan oli di bawah blok tadi.

“Untuk harga satu set sil dan sil o-ring sekitar Rp 30 ribuan plus paking bak magnet Rp 10 ribu. Itu untuk part original dan belum angkos pasang ya,” imbuh Iwa di Jl. Raya Tole Iskandar No. 9A, Depok, Jawa Barat.

Nah, ingat tuh ciri-cirinya. (motorplus-online.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa