Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pentingnya Pengecekan Mur-Baut

billy - Sabtu, 2 Februari 2013 | 12:25 WIB
No caption
No credit
No caption


Kapan ya mur atau baut di motor dikencangkan kembali? Atau, jika memang dibiarkan tanpa perlu perawatan, cuek bebek sampai akhirnya mur-baut lepas sendiri dan beberapa part kemudian lepas berantakan.

Hal itu bikin siapapun orang gerah. Tapi nggak sampai buka baju segala. Cukup hidupkan AC dan memberi penjelasan singkat dan padat. Makanya, mengecek kekencangan ada tiga tahapan. Dan itu wajib dilakukan mekanik saat servis rutin.

Misal, cek kekencangan sekrup pengikat cover bodi. Mulai dari batok lampu, cover samping hingga buritan. Bagian ini lebih mudah. Mekanik bisa tahu lewat suara kasar di cover yang longgar. Dan yang perlu diperbaiki clip pengunci alias penjepit sambungan cover segitiga setang dan mur as roda.

Dilanjut ke mur-baut as lengan ayun dan mur suspensi belakang tiap 4.000 km sekali. Jika salah satu dari part ini kendur, biasanya handling kurang nyaman, seperti ngebuang.

Lalu bagian yang tidak kalah penting lagi, cek kekencangan baut pegangan mesin (engine mounting) ataupun mur-baut pada mesin itu sendiri.

Tapi pengecekan ini dilakukan kalau motor baru dua minggu turun mesin atau sudah dipakai sekitar 15.000 km. Tapi bisa juga dilakukan lebih awal bila mesin alami getaran hebat biar tidak terjadi kesalahan dalam proses pengencangan mur-baut di mesin, baiknya gunakan kunci momen. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa