Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Spidometer Yamaha Byson di Scorpio, Bisa Tapi Ribet!

billy - Rabu, 16 Januari 2013 | 11:01 WIB
Pasang Spidometer Yamaha Byson di Scorpio, Bisa Tapi Ribet!
Yudi
Pasang Spidometer Yamaha Byson di Scorpio, Bisa Tapi Ribet!

Pasang Spidometer Yamaha Byson di Scorpio, Bisa Tapi Ribet!
Yudi
Pasang Spidometer Yamaha Byson di Scorpio, Bisa Tapi Ribet!
Para pemilik Yamaha Scorpio, pasti ngiler lihat spidometer Byson yang sudah tampil lebih ramping dan digital pula. Memang, lebih terlihat moderen.
 
Buat yang ingin ganti spidometer Scorpio pakai punya Byson, Boy Motor Sport (BMS) yang ada di wilayah Sukatani, Depok, Jawa Barat, punya triknya. Jadi, si Kalajengking pun bisa ikut tampil gaul lewat indikator digital itu.

"Secara kodrat antara Scorpio dengan Byson memang dilahirkan dengan kelistrikan yang jauh beda. Scorpio didukung pengapian AC, sedangkan Byson DC. Scorpio dengan spidometer manual, sementara Byson sudah digital," buka Ardi Bridjal Hanafi, juragan BMS.

Tapi untuk mengubahnya, pria yang akrab disapa Mas Boy ini punya trik sendiri. Tidak semua kelistrikan Byson dipindahkan ke Scorpio, tetapi beberapa bagian masih mengandalkan standar Scorpio dengan sedikit ubahan. "Inti ubahannya ada 4 bagian. Yaitu; sepul, kiprok, kabel bodi dan magnet," lanjutnya.

Buat sepul dan magnet, masih andal-kan punya Scorpio. Tapi, Mas Boy sedikit melakukan ubahan. Pria yang punya hobi mancing ini bilang tidak perlu menggulung ulang sepul, hanya jalur kabel diubah untuk menyesuaikan kelistrikan Byson yang DC.

Apalagi, CDI dan kabel bodi juga ikut aplikasi milik Byson. “Awalnya memang spidometer saja. Tapi agar bisa bekerja lebih maksimal, akhirnya saya ganti CDI dan kabel bodi juga,” bilangnya.

Jalur kabel antara Scorpio yang AC satu per satu diubah. Seperti kabel sakelar lampu. Muara kabel sakelar lampu Byson ada di bawah jok belakang. Sedangkan Scorpio ada di belakang batok lampu.

Pasang Spidometer Yamaha Byson di Scorpio, Bisa Tapi Ribet!
Yudi
Pasang Spidometer Yamaha Byson di Scorpio, Bisa Tapi Ribet!
Ketika adopsi spidometer Byson, kabel sakelar lampu Scorpio terlalu pendek. Maka itu, posisi kabel sakelar Scorpio harus dipindahkan dari bagian batok lampu menjadi ke bagian rangka tengah. Tepatnya, di bawah tangki.

Untuk ubahan ini, diperlukan sedikit penambahan kabel sakelar sekitar 30-35 cm. Agar dapat sambungan yang rapi, bagian ujung kabel ditambahkan terminal. Begitunya kabel bisa masuk ke soket DC. Kalau enggak dibantu terminal, soket atau konektor yang satu enggak bisa terpasang di soket yang lain. Karena beda model.

Selanjutnya, kiprok standar diganti dengan punya Byson. Atau, bisa juga mengadopsi dari Honda Tiger. Keduanya sama-sama buat 5 kabel.

Selebihnya, tinggal merapikan kabel bodi saja. Untuk menyesuaikan dengan Scorpio, kabel bodi Byson dipindahkan ke bawah jok yang ada di samping aki. Lalu dibuatkan braket biar rapi dan bersih.

Lanjut ke magnet. Ukuran magnet standar Scorpio 27 mm. Karena sudah aplikasi kelistrikan Byson, maka panjang tonjolan magnet juga disesuaikan.

Ubahan magnet, dengan menambah tonjolan lebih panjang dengan lebar yang sama. Caranya lewat memangkas habis dahulu tonjolan magnet standar Scorpio. Lalu diganti dengan memakai besi pelat tebal 2 mm yang dilas, hingga panjangnya 60 mm.

Cara ini juga dilakukan agar spidometer digital tetap berjalan tanpa pemakaian kabel spidometer yang terhubung ke roda. Tapi, lewat putaran sensor.

"Karena sistemnya coba-coba, hitungan teknisnya kurang ngerti," kekeh Mas Boy yang bilang ubahan ini makan biaya Rp 3 jutaan. Wajar! Spidometer dan kabel bodi saja sudah Rp 2 jutaan. Belum lagi CDI dan kiprok 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa