Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Sil Klep Saat Service Besar, Usir Asap Putih Dari Knalpot

billy - Selasa, 11 Desember 2012 | 09:18 WIB
No caption
No credit
No caption


Oli terbakar hingga knalpot berasap putih salah satu sebabnya akibat sil klep longgar atau sobek. Alhasil pelumas meluncur ke ruang bakar. Ini kerap terjadi pada motor jenis 4-tak.

Cuma, ganti sil klep bocor terbilang agak sulit. Makanya biar gampang, biasanya mekanik sekalian ketika motor sedang turun mesin.

Nah, yang bikin susah ganti sil klep harus melepas mur, baut dan komponen yang berhubungan di kepala silinder. Diantaranya 4 mur dan satu baut pengikat kepala silinder, juga sekalin lepas gir, rantai keteng berikut noken as dan kedua pelatuknya.

Setelah kepala silinder terpisah, 2 spi atau kuku klep dan retainer klep dibuka. Langkahnya tekan ke dalam retainer pakai alat penekan. Atau bisa dengan pipa besi bulat seukuran diameter per klep. Tapi, sebelumnya pipa bawah penekan dilindungi kain atau karet ban bekas. Biar kuku klep enggak lompat ke mata.

Begitu kuku klep terpisah, retainer, pegas luar berikut per dalam dicabut. Batang klepnya bisa dicabut dari kubah ruang bakar. Lantas karet sil klep bocor nancap di dudukan sitting klep bagian atas dicongkel ke luar pake obeng min.

Kemudian masukkan sil klep baru ke sitting klep. Tekan karet sil lebih dalam pakai tangan. Sampai ring pegas pengikat karet sil menjepit lubang gotnya. Baru deh batang klep pasang kembali, sekalian 2 pegas penekan dan mangkuknya. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa