Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Telusuri Penyebab Oli Mesin Yamaha Scorpio Rembes

billy - Rabu, 28 November 2012 | 08:49 WIB
No caption
No credit
No caption

Otomotifnet.com - Sebalnya melihat oli rembes di seputar mesin. Seperti di head silinder Yamaha Scorpio. Parahnya kalau sudah campur debu, terkesan jorok dan enggak terawat.

Ketika ditelusuri, ternyata sil atau O-ring dari karet yang ada di sekitar mesin sudah bocor. Penyebabnya bisa lingkar dalam atau luar karet sil robek, atau mengeras karena panas mesin. Akibatnya maksimal membendung oli.

Ada beberapa sil yang menyebabkan oli meler di mesin Scorpio. Pertama, sil yang ada pada tutup setelan klep. Karena di daerah panas, sil ini gampang mengeras dan bocor. Apalagi kalau O-ring imitasi yang enggak presisi dan pemasangan kurang tepat.

Kedua, oli rembes di sekitar tutup silinder head sebelah kanan yang bertuliskan Four. Penyebabnya O-ring cover blok sudah tidak maksimal bekerja, rembesan oli terlihat di bawah, kiri dan atas cover Four.

Penyebab lain pada areal ini bisa dari O-ring kabel kabel rpm. Posisinya di dalam head kanan bertuliskan Four. Bentuk sil bagian tengah berlubang mirip tapi dimensinya kecil.

Selain O-ring di kabel rpm, oli juga bisa rembas dari karet sil di sela lubang baut yang biasanya juga sudah sudah korosi atau karat. Kalau yakin memang ini biangnya, harus menebus kabel rpm baru yang banyak dijual di toko onderdil.  

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa