Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tren Knalpot Anodize, Paduan Performa dan Gaya

Dimas Pradopo - Senin, 4 Agustus 2014 | 08:09 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
Karena dengan warna yang mentereng bisa bikin tampilan lebih menarik.

Jakarta - Pada tahun lalu, laburan krom menjadi pilihan untuk meng-upgrade tampang motor kesayangan. Berbagai komponen di motor di bikin kinclong alias mengilap, bahkan ada satu motor full di krom, layaknya kaca berjalan.

No caption
No credit
No caption

Harga komponen ini berkisar Rp 350 ribuan sampai jutaan


Tren tersebut saat ini masih ada, namun kini mulai bermunculan dengan kelir yang berbeda dan beragam. Yakni, dengan sebutan anodize. Warna-warna tersebut banyak diaplikasikan ke tunggangan kontes modifikasi. Karena dengan warna yang mentereng bisa bikin mata melirik dan nilai plus. Salah satu komponen yang ikutan kena tren ini adalah knalpot.

No caption
No credit
No caption

Ada juga produk negeri gajah putih yang no label


Sekadar pengetahuan, warna anodize adalah sebuah proses pelapisan aluminium yang mirip dengan teknik krom. Bedanya teknik anodize ini hanya bisa digunakan pada material aluminium dan bahan pelapisnya pun berbeda, yaitu natural oxide.

"Hasilnya adalah lapisan warna-warna candy sekaligus memantulkan kilap di peranti tersebut," jelas Gondrong, pemilik knalpot SKR yang juga pakai di produknya.

No caption
No credit
No caption

Langganan aplikasi untuk kontes modifikasi

Saluran gas buang yang mengaplikasikan kelir tersebut bermodel freeflow alias racing. Untuk harga pasaran peranti pembuangan bervariasi dan beragam. Mulai Rp 350 ribuan sampai jutaan. Seperti SKR, SPS, CHA, no label dan lainnya.

"Pilihan warna antara lain; biru, merah, gold, dan ada titanium. Merek SKR masih terjangkau, jadi buat yang kantong nge-pas bisa upgrade tampilan plus performa," tambah pria yang mangkal di daerah Pasar Lembang, Ciledug, Tangerang, Banten.

No caption
No credit
No caption

Proses pelapisan hampir mirip dengan krom


Mengaplikasikan komponen anodize ini bukan hanya bisa bikin besutan kesayangan makin ngacir, tapi penyesuaian atau perpaduan warna bisa lebih klop dan enak dilihat.

"Knalpot anodize ini ada juga buat bebek. Sedang spek knalpot merek CHA kisaran Rp 1,6 jutaan ini untuk tunggangan bore up 150 cc sampai 200 cc atau sering dipakai buat balap drag bike," tutup Wiwid Catur, pemilik Wheed2 Speed Shop (WSS) daerah Ciracas, Jaktim.

Pemasangannya pun mudah karena sudah disesuaikan dengan dudukan asli bawaan pabrik. Mau ikutan? (motor.otomotifnet.com)


Spek knalpot CHA untuk kapasitas mesin bore up

SKR RACING EXHAUST : 0812-13179889
Whee2d Speed Shop (WSS) : 08561459008


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa