Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bengkel Korter Apora Indoperkasa, Rujukan Mekanik Balap

Dimas Pradopo - Jumat, 13 Juni 2014 | 16:50 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Lantaran cukup jitu mendongkrak performa, maka mekanik enggak mau sembarangan memilih tempat untuk korter

Jakarta - Korter itu bisa diartikan sebuah proses membesarkan diameter blok silinder. Proses ini tentunya dilakukan oleh mesin khusus. Dengan membesarkan diameter blok silinder, otomatis kapasitas dan performa mesin meningkat. Lantaran cukup jitu mendongkrak performa, maka mekanik enggak mau sembarangan memilih tempat untuk korter.

No caption
No credit
No caption

Proses pengerjaannya 5 menit papas dan 5 menit gosok

Bahkan beberapa mekanik yang aktif di balap motor baik itu road race maupun drag di Jakarta dan sekitarnya, merekomendasikan Apora Indoperkasa di Jl. Sukarjo Wiryopranoto no. 5, Jakpus untuk korter

Rasanya cukup lumrah bila nama bengkel Apora yang muncul untuk urusan korter. Pasalnya bengkel yang satu ini, sudah terima garapan seperti itu dari 1947.

“Usaha turun temurun ini, dimulai dari ayah pada 1947 sampai 1979. Dan setelah itu sampai sekarang, saya yang menggantikan ayah,” kata Koh Iwan, si empunya Apora Indoperkasa.

No caption
No credit
No caption

Special tools, juga dikembangkan Apora guna memudahkan mekanik

Tanpa ragu, pria yang hobi main jetski itu langsung memaparkan kunci sukses usaha yang dibidanginya itu. Pemilihan mesin korter impor dari Italia, yang dianggap membuatnya dipercaya banyak mekanik balap.

Di pasaran mesin industri, memang enggak hanya produk dari Italia saja yang bisa masuk ke Tanah Air. Produk mesin korter dari Jepang, Cina dan lain-lain juga banyak ditawarkan.

No caption
No credit
No caption

Abis korter, Apora juga menyiapkan kebutuhan piston


“Namun tingkat ketepatan saat melakukan korter, yang membuat produk mesin asal Italia lebih unggul. Terutama bila urusannya dengan ukuran yang kecil, misalnya oversize 25,” kata koh Iwan dikawal 28 teknisi di bengkelnya.


Koh Iwan, jangan sampai ada komplain dari pelanggan


Ilustrasi yang diberikan, bahwa dengan mesin yang dipunya sekarang bisa lebih mudah mencari titik tengah silinder blok. Sehingga saat pisau korter enggak meleset membabat dinding silinder blok yang hendak di-oversize 25.

Dengan mesin konvensional lainnya, hasilnya jarang bisa presisi kalau oversize-nya kecil. Tapi pasti bisa presisi bila oversize-nya 50.

Memang banyak yang merekomendasikan, tapi itu enggak membuat ongkos jasa korter jadi spesial. Dengan lama pengerjaan 5 menit korter dan 5 menit penghalusan dinding blok silinder, ongkos yang dipatok Rp 25-35 ribu. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa