Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Knowledge Lampu LED, Musuhnya Panas dan Arus Listrik

Dimas Pradopo - Jumat, 2 Mei 2014 | 09:00 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Jangan salah kaprah, Cree itu bukan jenis dari LED. Cree itu adalah nama perusahaan LED yang ada di Amerika. LED sendiri merupakan kepanjangan dari Light Emitting Diode atau sejenis dioda semikonduktor yang dapat mengeluarkan energi cahaya ketika diberikan tegangan.

Produk motor paling anyar yang sudah menggunakan lampu jenis LED adalah Honda New Vario 110 FI. “Lampu jenis ini memiliki 2 musuh alami, yakni panas dan arus listrik yang dibutuhkan,” jelas Pak Wiet pemilik workshop Pak Wiet Custom di kawasan Palmerah, Jaksel.

Dengan memiliki 2 musuh alami tersebut, maka bagi yang ingin pasang LED mesti memperhatikan produk yang hendak ditebus. Jangan sampai sudah mengeluarkan dana, namun enggak dapat hasil yang maksimal.


No caption
No credit
No caption

Untuk mereduksi panas yang ditimbulkannya, maka lampu jenis LED aftermarket biasanya diberi casing dengan bahan aluminium. “Desainnya macam-macam dan salah satunya model sirip sebagai penyerap panas,” jelas Pak Wiet.

No caption
No credit
No caption

Ada driver yang selalu menyertai lampu jenis LED yang dijual. Driver ini berfungsi mereduksi arus yang masuk, agar sesuai dengan kebutuhan dari LED itu sendiri.

No caption
No credit
No caption

Selain ada driver bawaan dari LED itu sendiri, ada juga model custom. Itu karena lampu LED yang hendak dipasang, juga hasil dari permintaan konsumen.

No caption
No credit
No caption

Perhatikan kebutuhan dari arus untuk lampu LED. Enggak ada toleransi soal kebutuhannya, melebihi kapasitas berpengaruh pada umur pakai. “Makin banyak lebihnya, umur LED makin pendek dan biasanya kebutuhan arus itu sudah tertera di keterangan produk,” kata pria berkacamata ini.


LED juga berpengaruh pada reflektor yang menyertainya. Semakin kecil reflektornya, semakin fokus hasil cahayanya. Dan itu juga berlaku sebaliknya, bila reflektornya lebar maka pencahayaannya juga melebar. (motor.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa