Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tiga Bengkel Modifikasi Motor Roda Tiga Khusus Bikers Difabel

Dimas Pradopo - Kamis, 24 April 2014 | 07:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Keterbatasan fisik bukan halangan untuk tetap naik motor dan berkarya. Spesialis-spesialis ini membangun motor roda tiga sesuai kebutuhan dan kondisi tubuh.

Jakarta - Motor yang dimodifikasi menjadi roda tiga, jadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan mobilisasi. Bikers dengan keterbatasan fisik atau difabel. Tak perlu beli atau impor motor mahal, bengkel-bengkel modifikasi motor ini khusus merancang motor roda tiga dari berbagai jenis motor yang ada. Biayanya berkisar Rp 4-15 juta, tergantung kebutuhan dan ubahan.

No caption
No credit
No caption

TAMAN BROTHER'S TEKNIK
Bengkel yang sudah berdiri sejak tahun 1993 ini sudah banyak menghasilkan motor modifikasi roda tiga dari berbagai jenis motor. “Motor jenis apa saja bisa kita modifikasi menjadi roda tiga. Mulai dari jenis bebek, matik dan motor laki,” jelas Sutaman, pemilik bengkel di kawasan Manggarai, Jaksel ini.

Motor modifikasi roda tiga buatan Sutaman dikenal kuat dan rapi. Konsumennya tak hanya berasal dari Jakarta, melainkan dari luar kota juga. Harga yang dipatok, tergantung dari bahan dan model yang diinginkan konsumen. “Harga bisa dibicarakan, yang jelas tidak memberatkan konsumen khususnya para difabel,” tutup Sutaman.

Paket Modifikasi :
1. Tanpa gardan : Rp 6-7 juta
2. Memakai garden mobil atau motor roda tiga, maju saja : Rp 8 juta
3. Memakai garden dan girboks mobil atau motor roda tiga, bisa mundur : Rp 10-15 juta

Kontak: Taman Brothers Teknik.Jl. Albarkah 1 No.14, Kel. Manggarai, Kec. Tebet, Jaksel. Telp. 08997961304, 021-83702283 (Sutaman).

No caption
No credit
No caption

RC JAYA MOTOR
Bengkel rumahan di kawasan Cempaka Putih, Jakpus ini menerima jasa modifikasi pembuatan motor roda tiga sesuai kebutuhan, kondisi dan pesanan konsumen difabel.

“Saya menyesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi fisik konsumen dan kebutuhan apa saja yang ingin diaplikasikan di motor tersebut. Sesudah itu baru saya mulai mengerjakannya,” ungkap Achmad, mekanik sekaligus pemilik RC Jaya Motor.

Harga yang ditawarkan beragam, tergantung model dan paket yang diinginkan konsumen. Proses pembuatan 1 unit motor roda tiga biasanya memakan waktu hingga 3 minggu sampai 1 bulan, tergantung kesulitan pemesanan. “Ada beberapa paket modifikasi yang kami tawarkan. Mulai dari model standar hingga yang menerapkan sistem seperti mobil,” jelas Achmad.

Paket Modifikasi :
1. Standar (tanpa garden) : Rp 4-6,5 juta
2. Memakai garden dan double disc belakang : Rp 6-9 juta
3. Sespan/gerobak samping : Rp 4-6 juta

Kontak: RC Jaya Motor, Jl. Cempaka Putih I No.13, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Telp. 08561706095, 021-91743703 (Achmad)


DIFABEL GARAGE
Bengkel ini didirikan Bambang Pusantara tahun 2005. Berawal dari kebutuhan sendiri, kakinya lumpuh akibat kecelakaan motor sekitar 27 tahun lalu. Awalnya Bambang membuat motor dengan sespan disamping kanan untuk memudahkan pengguna kursi roda, tidak perlu pindah ke jok.

Bengkel modifikasi roda tiga ini membangun motor difable sesuai kondisi fisik dan kebutuhan pengendaranya. Untuk Paraplegia, kurangnya fungsi tubuh bagian bawah, Bambang menyarankan sespan di samping kanan.

“Tidak perlu pindah ke jok motor untuk mengendarai karena sangat rawan dengan luka di pantat. Untuk polio dan amputasi bisa memilih modifikasi yang lebih beragam seperti sespan kiri atau roda dua di belakang,” papar Bambang.

Biaya modifikasi berkisar Rp 2,5-3,5 juta, tergantung jenis ubahan dan kebutuhan pengendara. Calon konsumen disarankan bertemu langsung, tidak hanya lewat telepon agar bisa langsung disesuaikan dengan karakter fisik dan kebutuhan konsumen. (motor.otomotifnet.com)

Kontak: Difabel Garage, Jl. FX. Suhaji, Gg. Kresna 19 Muntilan Kab. Magelang, Jateng. Telp. 087839800110, 087834454150, 085878760669


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa