Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih, Beragam Keuntungannya Pasang GPS Tracker di Motor

Dimas Pradopo - Kamis, 13 Maret 2014 | 13:04 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta – Saat ini, piranti GPS Tracker sebagai alat pelacak kendaraan lebih jamak dipasang pada mobil. Namun bukan berarti komponen ini haram dipakai di motor. Bahkan ada beberapa keuntungan dalam mengaplikasinya.

“Fungsi paling dasar adalah untuk memantau posisi kendaraan secara real time. Tak ada pengaruh soal jarak antara motor dan pemilik. Semisal, saat motor ditinggal mudik atau motor sedang digunakan orang lain. Bahkan saat dicuri, motor tetap bisa dipantau lokasinya,” ungkap Habibie dari Superspring GPS.
No caption
No credit
No caption

SMS titik koordinat lokasi motor (kiri), informasi GPS kondisi kendaraan
Lokasi tersebut bisa dipantau melalui beberapa media. Diantaranya lewat SMS yang menunjukan lokasi koordinat kendaraan, ataupun lewat aplikasi Android dan software yang bisa install pada PC dan Laptop. Rekam jejak selama 90 hari kebelakang juga bisa diketahui.

“Sinyal yang dikirim ada dua, yakni GSM dan Satelit. Karena itu, alat ini membutuhkan SIM card seperti handphone untuk mengirimkan informasi lokasi terkini via sms. Selain itu, pulsa kartu juga dibutuhkan untuk mengaktifkan data GPS mengenai jarak tempuh, rute hingga waktu parkirnya,” ujarnya.


Nggak perlu takut pulsa kartu akan banyak tersedot, karena data yang diambil terbilang kecil, hanya beberapa Kb permenit. "Biar nggak repot, bisa beli paket internet yang kini banyak disediakan provider. Kami juga menyediakan bundling dengan kartu Halo seharga Rp 250 ribu per enam bulan," urai pria berkacamata ini.

 Mematikan mesin kendaraan lewat SMS
Tak sekedar bisa memantau, pemilik motor juga bisa mematikan kendaraannya melalui sms. Caranya dengan mengirimkan kode non aktif pada nomor yang tertanam di GPS Tracker, saat itu pula mesin motor langsung mati.

Selain itu, GPS Tracker Superspring tipe VT-90E yang ditawarkannya juga mampu menyadap suara di sekitar motor. "Hubungi saja nomor yang tertanam di GPS Tracker, nanti suara yang muncul disekitarnya akan terdengar. Cara kerjanya seperti handphone, tapi tentu saja tanpa nada dering," pungkas Habibie.

Buat yang penasaran alat seharga Rp 1,799 juta ini bisa langsung sambangi gerai Superspring Center Depok di Gedung Satria 2, Jl. Akses UI No.102, Kelapa Dua, Depok. atau hubungi 2962 7202 dan superspring.co. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa