Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Detail Yang Baru Pada Sistem Injeksi PGM-FI Step 5 Honda Revo FI

billy - Kamis, 23 Januari 2014 | 13:28 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Tak hanya mengalami perubahan di sektor bodi yang tampak lebih sporti dengan garis tajam, Honda Revo FI mengusung mesin injeksi dengan sistem baru, serta beberapa teknologi baru lainnya. Apa saja?

“Revo FI pakai sistem injeksi step 5, perbedaan dengan step 4 tak terlalu banyak, utamanya di bagian pompa bensin,” terang Fuminori Kamemizu, Large Project Leader Honda R&D Company Limited Motorcycle R&D Center.

Seperti kita ketahui, sistem injeksi Honda (PGM-FI) yang dipakai seperti di Vario 125, BeAT FI, Scoopy FI, Verza pakai PGM-FI step 4. Cirinya di throttle body tak ada sensor tekanan dan suhu udara, bisa dibilang sistem injeksi yang canggih namun sederhana.

“Nah step 5 ini ada perubahan di fuel pump, kalau pengendara lupa mengganti filter yang disarankan tiap 48.000 km dan mampat, maka tinggal penuhi tangki maka motor jalan lagi, karena ada lubang tambahan di sisi atas (gbr.1).

Perbedaan lainnya sensor O2 soketnya di atas (gbr.2) dan terakhir gas pakai 2 kabel (gbr.3),” terang Wedijanto, GM Technical Service Division PT. Astra Honda Motor.



Mesin basisnya persis Revo karbu, selain jadi injeksi, ada beberapa perubahan di luar penambahan sensor-sensor. Pertama rasio kompresi naik dari 9:1 jadi 9,3:1. “Piston lebih jenong (gbr.4),” ujar Endro Sutarno, instruktur Astra Honda Training Center.

Endro melanjutkan perubahan lain ada di silinder, kini adopsi tipe spiny sleeve (gbr.5) seperti yang diadopsi CBR 250R dan Vario 125. Keunggulannya perambatan panas lebih cepat.

Terakhir pada sektor ban, Revo FI dibekali karet bundar tipe low friction agar lebih irit bensin, “Bedanya di kompon, dengan mengurangi panas yang dihasilkan terutama saat menikung,” terang Kamemizu-san. Ban ini punya ciri dikasih garis hijau. (motor.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa