Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

KTM 300 EXC, Gokil Pakai Konversi All Wheel Drive!

Dimas Pradopo - Sabtu, 12 Oktober 2013 | 13:16 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Amerika – Saat ini, kemampuan motor offroad seperti KTM 300 EXC sudah mencukupi untuk mengatasi medan berat sekalipun. Hal ini didukung oleh suspensi long travel dan mesin yang bertenaga.

Namun, Marty Lawson dari NewTech Development masih merasa kurang dan ingin menambah satu lagi roda penggerak agar makin handal menjelajah di medan berat.

Dan hal tersebut yang mengilhami ide gokil untuk membuat motor berpenggerak All Wheel Drive (AWD) ini. Penggerak AWD untuk motor tentu bukan perkara mudah. Pasalnya roda depan berfungsi sebagai penentu arah kemudi yang terbilang sulit dipasang rantai penggerak tambahan.


Untuk itu, Lawson menggunakan suspensi depan Hossack style double A-arm yang masih aman saat berbelok jika dipasang rantai dan gir tambahan. Gir dan rantai tambahan tersebut diputar dengan extension di posisi gir depan standar.

Oke, masalah pemasangan mungkin sudah aman, namun ada kendala lain yang dihadapi Lawson, yakni gerak roda depan justru berputar lebih cepat dari roda belakang. Gejala spin ban depan menjadi hambatannya. Tak kurang akal, Lawson memasang gir adjustable yang dirancang agar putarannya 1 persen lebih lambat dari gerak roda belakangnya.

“Sistem ini mudah dikendalikan oleh pemula. Selain itu, komponen tambahan berbobot 14 kg ini sanggup menghadapi medan berat seperti bebatuan dan parit. Serta untuk manuver di trek pasir, salju dan lumpur. Sehingga kami rasa cocok untuk pemakaian SAR, militer dan pemadam kebakaran,” pungkas Lawson. (motor.otomotifnet.com) 



Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa