Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Roller CVT BeAT FI dan Scoopy FI, Sudah Banyak Dipasaran!

billy - Jumat, 13 September 2013 | 12:09 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Mengubah karakteristik laju sepeda motor bertransmisi CVT paling mudah dilakukan dengan mengganti roller. Ya! Kalau akselerasinya makin galak, ganti roller yang lebih ringan, begitu juga dengan kebalikannya, kalau mau top speednya lebih tinggi, ganti roller yang lebih berat.

Langkah mudah ini juga bisa dilakukan pada matik anyar Honda BeAT FI dan Scoopy FI. Meski motor baru, tapi beberapa bagian pada CVT-nya serupa dengan Honda Vario yang sudah lebih dulu mengaspal.

"Rollernya juga sama kok sama motor-motor yang lain, jadi kalau mau ganti roller sudah banyak racing part-nya," jelas Ergus Oei dari R59 Racing.

Bagian movable drive space atau rumah roller dan roller CVT pada BeAT FI dan Scoopy FI menggunakan komponen Honda Vario. Bisa dilihat dari kode part KVB yang tertera. Spesifikasinya, berat roller standar 13 gram.

Nah, kalau mau akselerasinya makin ganas, tinggal pilih roller yang bobotnya kurang dari 13 gram, sedang kalau mau top speednya kencang cari yang lebih berat. Tapi tentu ada konsekuensinya, jika akselerasi bawahnya ringan tentu top speed-nya akan sedikit terkoreksi, begitu juga sebaliknya.

"Di pasaran ada beberapa merek, salah satunya adalah merek CLD dan KTC. Ukurannya juga banyak pilihannya," jelas pria yang masih aktif mengelola tim balap di Indoprix. 

Untuk harga, juga tidak mahal. "Untuk yang CLD kita jual Rp 80 ribu, kalau yang KTC harganya Rp 90 ribu," ungkap Ergus dari bengkelnya di Jl Dewi Sartika No 32 Ciputat, Tangerang. (motor.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa