Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Estimasi Biaya Pasang Idling Stop di Honda Vario Techno 125 Lama!

Dimas Pradopo - Selasa, 26 Maret 2013 | 18:33 WIB
Honda Vario 125 FI
tokopedia
Honda Vario 125 FI

Honda Vario 125 FI
tokopedia

Honda Vario Techno 125 yang dilengkapi idling stop system (ISS) diklaim konsumsi bahan bakarnya bisa lebih hemat hingga 7 persen. Hasil pengetesan internal Honda dengan metode ECE R40, didapat konsumsi bahan bakar hingga 55,8 km/liter.

Lebih hemat dari Vario Techno 125 tanpa ISS yang hanya 52,1 km/liter. “Dilakukan berjalan selama 27 menit dengan pola buka tutup gas yang beragam. Total akumulasi dalam kondisi mati selama perjalanan 5 menit dan 22 menit berjalan,” terang Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM)

Wah jadi lumayan irit, tertarik untuk mengadopsinya pada tunggangan Vario Techno 125 yang belum dilengkapi ISS? “Bisa saja, tapi ada beberapa komponen yang harus diganti,” tegas Edhi sapaan akrabnyaPertama yang harus diganti adalah ECM, karena ECM yang sudah memiliki fitur ISS dengan yang tidak ada perbedaan pada programnya. “Untuk komponen ini harganya cukup mahal, sesuai catalog sekitar Rp 1,35 juta,” urai Edhi.

Selanjutnya mengganti kabel bodi karena ECM juga sudah mengalami penggantian. “Otomatis kabel bodi juga ikut diganti, harganya sekitar Rp 500 ribu berdasarkan katalog,” kata Edhi.

Lampu indikator saat ISS bekerja yang ada pada speedometer Vario Techno 125, mengharuskan speedometer yang lama ikut dipensiukan, selanjutnya beli idling stop switch dibarengi dengan mengganti cover speedometer. Estimasinya jika dijumlahkan sekitar Rp 2,5 juta untuk memasang fitur ini di Vario Techno 125 yang belum dilengkapi ISS.

Masih lebih mahal ketimbang selisih harga Vario Techno 125 lama dan Vario Techno 125 baru yang sudah dilengkapi dengan ISS. Selisihnya cuma Rp 450 ribu saja! Dari Rp 15,9 juta naik jadi Rp 16,35 Juta on the road Jakarta.

Kalau gitu beli Vario Techno 125 baru sekalian aja deh hehee.

 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa