Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How To Buy Suzuki Satria 120R Tahun 2003, Ini Check Listnya!

Dimas Pradopo - Sabtu, 25 Juli 2015 | 11:18 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Suzuki Satria 120 R sempat menjadi motor idola para anak muda pada era akhir tahun 90-an hingga 2000-an awal. Mesin kencang yang didukung oleh rangka yang stabil, membuat motor ini banyak diandalkan untuk turun di ajang balap road race maupun drag bike.

Sejak berlakunya peraturan EURO 2 dan munculnya sang penerus Satria FU 150, Satria bermesin 2-tak ini seakan mulai redup eksistensinya. Tapi beberapa waktu belakangan ini, pamor motor bermesin 2-tak kembali naik daun lagi, salah satu yang banyak diburu yaitu Satria 120 berkode RU ini.

No caption
No credit
No caption

Spidometer analog berdesain klasik sporti yang mudah dibaca

“Motor ini usianya sudah lebih dari 10 tahun jadi cukup banyak yang harus dicek. Nah, yang utama dicek bagian mesin, rangka, dan bodi, biasanya mulai ditemukan kekurangan,” ujar Jenggo, mekanik sekaligus owner Jeng’s Speed yang berlokasi di Ciganjur, Jaksel.

Buat mesin, cek kondisi kampas kopling, ring piston, setang piston dan kondisi oli mesin serta oli samping. Jika setang piston sudah kena, bisa terindikasi dari suara mesin yang terdengar kasar. Cek juga kondisi piston sudah oversize atau belum.

Sementara pada sektor kaki-kaki, cek bagian seputar monosok. Biasanya rebound mulai berkurang dan cek juga baut as pegangan atas karena sering patah. Kemudian untuk rangka, cek apakah sudah ada karat atau keropos di bagian dekat lubang as starter dan bagian kiri rangka tepatnya di atas baut standar samping.


Cek cover bodi, biasanya banyak sambungan bodi yang patah. Jangan lupa cek juga baut pegangan bodi

Lalu yang tidak kalah penting, periksa juga CDI. Otak pengapian standar pabrik berlabel KGD, sebab banyak juga yang sudah menggantinya dengan CDI Suzuki Smash, Shogun atau CDI KW yang berkualitas rendah.

Harga Suzuki Satria 120 R tahun 2003 di pasaran motkas sekarang terbilang cukup tinggi yaitu berkisar Rp 3 juta hingga Rp 5 jutaan. Karena mulai banyak diincar kolektor, harga jual motor ini perlahan tapi pasti mulai merangkak naik. • Denta

Kelebihan   
Mesin terkenal kencang
Handling stabil
Spare parts mudah

Kekurangan
Parts mesin mulai banyak jajan
Rangka rawan karat/keropos

Spesifikasi Singkat
Kapasitas mesin: 120 cc
Konfigurasi mesin: 1 silinder Jet Cooled 2-tak
Transmisi: 6 speed M/T

Menakar Biaya Servis
Setelah berhasil membawa pulang motor idaman ini, sebaiknya langsung bawa ke bengkel resmi atau bengkel kepercayaan untuk mengembalikan kondisi motor agar kembali prima. Penanganan mesin motor ini cukup mudah, jadi bengkel umum pun bisa melakukan.

Buat servis berkala, jasanya cukup Rp 45 ribu. Kalau mau servis besar agar performa kembali optimal dikenakan biaya jasa Rp 110 ribu. Jika ditemukan kerusakan berat dan mengharuskan overhaul, ongkosnya Rp 230 ribu.

Jangan lupa cek juga oli samping, pastikan tidak kering. Sebaiknya gunakan oli samping berjenis low smoke untuk meminimalisir asap/emisi yang dihasilkan dari pembakaran mesin.

Daftar Part
Busi Rp 14.000
Kampas rem depan Rp 42.000
Kampas rem belakang Rp 42.000
Kampas kopling Rp 57.000 x5
Oli mesin Rp 40.000
Gear set Rp 146.600
Filter udara Rp 41.300
Sumber: Suzuki PT Mahkota Inti Sejahtera, Jl. Margonda Raya No. 209, Depok. Telp. 021-77213008 / 021-7777804

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa