Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How to Buy Yamaha Xeon 2011, Wajib Perhatikan Komponen Ini!

Dimas Pradopo - Rabu, 22 Juli 2015 | 07:03 WIB
Yamaha Xeon 2011
Otomotifnet.com
Yamaha Xeon 2011

Yamaha Xeon 2011
Otomotifnet.com

Jakarta - Skutik kasta tertinggi dari Yamaha ini tergolong memiliki performa mesin yang mumpuni. Memiliki desain bodi yang kompak membuatnya lincah menerobos jalanan Ibukota.

Sejak pertama dirilis pada tahun 2010, skutik bermesin 125 cc dari Yamaha ini cukup diminati konsumen. Desain bodi yang dimiliki terbilang kompak, lincah untuk jalan perkotaan yang macet dan mudah dikendarai oleh kaum wanita. Mesin dengan pendingin radiator ini juga memiliki akselerasi yang cukup baik.

Jika tertarik memiliki Yamaha Xeon dalam kondisi seken, baiknya perhatikan beberapa hal terlebih dahulu. “Cek komponen CVT dan kelistrikan. Jika jam terbang tinggi biasanya mulai banyak parts yang minta jajan,” tutur Arif, mekanik Wijaya Motor Yamaha yang berlokasi di Lubang Buaya, Jaktim.

Pada sektor CVT, yang diperhatikan yaitu kondisi roller, belt CVT dan kampas kopling. Jika sudah bermasalah biasanya akan timbul getaran saat dikendarai dari bagian CVT, lalu ada gejala selip saat berakselerasi. Selain memengaruhi performa, konsumsi bensin juga bisa menjadi lebih boros.

Kemudian pada sektor aki. Banyak yang mengeluhkan aki dari Yamaha Xeon sering tekor. Maka dari itu pastikan listik aki dalam kondisi prima, lampu-lampu menyala dengan normal dan starter elektrik lancar.

Mesin Yamaha Xeon sudah mengusung pendingin radiator, baiknya setelah membeli lakukan pengurasan radiator agar tetap fit. Lalu perhatikan juga sektor suspensi, pastikan tidak ada rembesan oli dari sokbreker depan maupun belakang.

Harga Yamaha Xeon lansiran tahun 2011 di pasaran motor bekas berkisar Rp 7 juta hingga Rp 8 jutaan. Tergolong terjangkau untuk skutik 125 cc, namun jangan lupakan kelengkapan surat-surat motor.


Yamaha Xeon 2011
Otomotifnet.com
Yamaha Xeon 2011

Kelebihan
Mesin responsif dan bertenaga
Volume bagasi cukup besar
Dilengkapi swing arm belakang

Kekurangan
Konsumsi bensin agak boros
Populasinya tidak sebanyak kompetitor
Ukuran ban kecil

Spesifikasi Singkat

Kapasitas mesin    : 125 cc
Konfigurasi mesin : 1 silinder SOHC
Transmisi : A/T CVT

Menakar Biaya Servis
Mengembalikan performa motor agar fit kembali, baiknya langsung bawa ke bengkel resmi atau bengkel langganan buat servis dan perbaikan. Motor ini dianjurkan melakukan servis berkala tiap 3.000 km.

Buat servis berkala di bengkel resmi biayanya Rp 40 ribu, servis besar sekitar Rp 175 ribuan dan overhaul mesin dikenakan biaya Rp 250 ribu. Jika ditemukan gejala gredek pada CVT, disarankan untuk overhaul CVT buat membersihkan dan mengganti parts yang bermasalah, biayanya mulai dari Rp 50 ribu. Biasanya yang dicek atau diganti yaitu roller, belt dan kampas kopling. Untuk kuras radiator, jasanya cukup Rp 25 ribu saja dan radiator coolant seharga Rp 31 ribu.

Daftar Fast Moving

Busi : Rp 13.000
Kampas rem depan : Rp 75.000
Kampas rem belakang : Rp 42.000
Oli mesin : Rp 36.000
Oli gear : Rp 20.000
Roller : Rp 45.000 /set
Belt : Rp 83.000
Filter udara : Rp 42.000
Aki : Rp 207.000
Radiator coolant : Rp 31.000
Sumber: Wijaya Motor Yamaha
Ruko Lubang Buaya
Jl. Raya Pondok Gede Blok J/K No. 18, Jaktim
Telp . 021-8411355

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa