Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

10 Bebek Terlaris di Semester Pertama 2015, Yamaha MX King Menyodok!

Dimas Pradopo - Kamis, 16 Juli 2015 | 09:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Market share sepeda motor tipe bebek di Indonesia masih cukup tinggi yaitu 13,25 % dari total pasar atau 431.392 unit. Masih sedikit lebih banyak dibeli dibanding motor sport. Di segmen ini, cukup seru karena penjualan Honda yang menjadi market leader dengan 191.747 unit sepeda motor bebek dipepet ketat oleh Yamaha yang mampu membukukan penjualan  189.366 unit.

Yamaha yang tiba-tiba menyodok punya andalan baru yang mendongkrak penjualan yaitu Jupiter MX 150 dan MX King. Kedua tipe ini saja mampu menyumbang lebih dari 100 ribu unit dalam 6 bulan.

Wow tinggi ya! Tapi penasaran kan siapa yang paling laris, yuk kita lihat data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) bulan Januari hingga Juni 2015.

Data ini hanya menggambarkan penjualan domestik atau dalam Negeri anggota AISI yang terdiri 5 merek yang memiliki pabrik di Indonesia yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan TVS. Dalam data yang ditampilkan ini, tidak termasuk penjualan untuk ekspor. Varian dalam tipe motor-motor ini dijadikan satu. Seperti Jupiter MX Casting Wheels dan Spoke Wheels.

Tertinggi penjualannya tetap duet Honda Supra X 125 dan Revo FI, keduanya terjual 8 ribuan unit dalam 6 bulan. Atau rata-rata terjual 44 unit dalam sehari. Di posisi podium ketiga, menyodok Jupiter MX King, bebek 150cc terbaru dari Yamaha ini menempel ketat dengan angka distribusi 70.534 unit.

Seandainya digabung dengan New Jupiter MX 150 yang masih satu platform, pasti jadi yang paling laris nih! Sayangnya, Yamaha membagi keduanya dengan nama dan sebagai varian berbeda. Jadi kami pun mengurutkannya sebagai model yang berbeda.

Jika melihat tingginya distribusi Jupiter MX King 150 tentunya langsung membandingkan dengan Satria F150 yang belakangan hadir tanpa lawan di segmen hyperunderbone. Tapi ternyata, secara jumlah penjualan di 2015 ini, ada di belakang Jupiter MX King 150.

Jadi menarik karena saat ini kita sedang menanti kehadiran Honda Sonic 150R. Apakah MX King mampu mempertahankan dominasinya dan pasar bebek 150cc akan membesar atau akan ada yang terkoreksi. Kita lihat saja nanti! (otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa