Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How to Buy Honda BeAT FI 2014, Cukup Perhatikan Komponen Fast Movingnya

Dimas Pradopo - Senin, 6 Juli 2015 | 10:53 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Pada awal kemunculannya, Honda BeAT lebih cocok diperuntukkan untuk para wanita karena desainnya yang cukup kecil. Tapi seiring berjalannya waktu, banyak kaum pria yang menyukainya dengan salah satu alasan performa mesin lebih baik dari kompetitor. Di tahun 2012, PT Astra Honda Motor merilis generasi terbaru BeAT dengan mesin injeksi, volume bagasi dan desain bodi lebih besar dan trendy yang membuatnya semakin diminati pasar.

Jika dana kurang mencukupi untuk membeli yang baru, BeAT FI seken juga bisa menjadi pilihan karena jam terbangnya belum tinggi. Jadi biaya perawatan dan jajan spare parts-nya pun juga bisa diminimalisir.

“Saat ini belum ada keluhan yang berarti dari BeAT FI. Cukup perhatikan saja kondisi komponen fast movingnya,” tutur Harry, mekanik AHASS 908 PT Murni Putramas yang berlokasi di Jl. Margonda Raya No. 273 Depok, Jawa Barat. Kalau usia pakai masih sekitar satu hingga dua tahun biasanya yang mulai minta jajan seperti ban dan kampas rem.

Berikutnya, perhatikan posisi aki BeAT FI yang berada di dek bawah. Meski Honda mengklaim aman dari kemasukan air, tapi ada baiknya setelah membawa pulang lakukan pembersihan di area tersebut. Pasalnya, lokasi aki di bawah jadi kemungkinan kotornya cukup tinggi.

Nah, yang tak kalah penting cek juga kondisi kelistrikannya khususnya lampu. Kondisi aki wajib prima agar komponen injeksi tidak terganggu. Lalu pastikan semua lampu berfungsi normal. Sebab salah satu kendala yang sering ditemui jika sudah menganut sistem Automatic Headlamp On (AHO) adalah bohlam lampu depan lebih cepat putus karena menyala.

Harga BeAT FI tahun 2014 di pasaran motkas masih berkisar Rp 8 juta hingga Rp 9 jutaan. Hal ini menunjukkan resale value-nya cukup bagus makanya banyak yang cari. (otomotifnet.com)



KISARAN HARGA RP 8-9 JUTAAN

Kelebihan
Mesin bertenaga
Hemat BBM
Jaringan aftersales service luas

Kekurangan
Suara starter elektrik masih berisik
Busa jok agak kera
Injakan standar tengah rawan bengkok

Menakar Biaya Servis
Agar kondisi motor kembali prima, baiknya langsung lakukan servis. Buat jaringan bengkelnya sendiri, bisa dilakukan hampir di semua bengkel resmi Honda dan beberapa bengkel umum rekanan Honda, agar perangkat injeksinya dapat ditangani dengan baik dan benar.

Buat servis ringan, biaya yang dikenakan hanya Rp 53 ribu. Menu yang didapat yaitu pengecekan dan setel klep jika perlu, ganti oli, cek busi, kelistrikan aki dan pemeriksaan rem. Biaya servis besar dan bongkar mesin alias overhaul, dikenakan Rp 250 ribu, tergantung dari jenis pekerjaan dan tingkat kerusakan mesin. Kemudian biaya servis CVT-nya berkisar Rp 35 ribu saja. Harga-harga tersebut belum termasuk penggantian parts. •

Daftar Harga Part
Busi Rp 21.700
Kampas rem depan Rp 49.000
Kampas rem belakang Rp 46.000
Oli mesin Rp 39.500
Oli CVT Rp 12.000
Belt CVT + roller (1 set) Rp 135.000
Filter udara Rp 45.000
Aki Rp 217.000
Sumber: AHASS 908, PT Murni Putramas. Jl. Margonda Raya No. 273 Depok, Jawa Barat. Telp. 021-91304915 / 021-7775045

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa