Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pajak Motor 250 cc Naik, Bakal Lebih Mahal Nih!

Dimas Pradopo - Selasa, 12 Mei 2015 | 16:21 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Harga motor sport 250 cc bakal naik lagi nih! Gara-garanya terkait dengan aturan baru mengenai pajak penjualan barang yang tergolong mewah. Motor sport 250 cc dianggap mewah sehingga kena PPh sebesar 5% yang dihitung berdasarkan harga jual yang belum termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Gambarannya barang-barang yang masuk dalam kategori mewah ini dikenakan tiga kali pajak berdasarkan peraturan Menteri Keuangan Nomor 90/PMK.03/2015. Serta pemberlakuan terjadi 30 hari setelah diterbitkan pada 30 April 2015.

Terbitnya aturan baru ini dikhawatirkan akan membuat pasar motor sport 250cc di Indonesia makin terjepit. Harga yang meningkat diprediksi akan mengurangi daya jual.

Ahmad Muhibbuddin selaku Deputy Head of Corporate Communication PT Astra Honda Motor mengaku pihaknya masih mempelajari terkait dengan aturan baru ini.

"Sebelumnya secara detail kami pelajari dahulu peraturan tersebut. Secara umum akan mempengaruhi pasar motor 250 cc seperti Honda CBR 250R. Tetapi kami berharap peminat motor 250 cc tidak terpengaruh dengan pajak naik, karena lebih mengutamakan gaya hidup,” imbuhnya.

Sedang Yamaha menjelaskan, ”kalau dilihat peraturannya sepertinya tidak berdampak langsung kepada produksi motor lokal yang 250 cc. Namun hal ini akan memperkecil atau bahkan menutup kemungkinan pabrikan untuk merakit dan memasarkan motor dengan cc 250,” ungkap M Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Masih menurut Masykur, padahal ada wacana AISI agar APM di Indonesia bisa merakit dan memasarkan di dalam negeri dan tujuan ekspor. Setelah sebelumnya ada kenaikan PPnBM dan sekarang PPh. Maka kemungkinan pasar motor 250cc akan semakin kecil.  

Kita tunggu berapa banyak kenaikan harganya. (otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa