Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How to Buy Kawasaki Ninja 150R 2010, Siapkan Kocek Rp 17 Jutaan

Otomotifnet - Selasa, 28 April 2015 | 15:29 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Nama besar motor ini masih cukup kuat meskipun sudah berstatus bekas

Jakarta - Motor sport lansiran geng hijau alias Kawasaki ini dari pertama lahir terkenal sebagai motor kencang. Dibekali mesin 2-tak berkapasitas 150 cc sudah lebih dari cukup untuk melibas trek Ibukota. Belum lagi penambahan teknologi Super KIPS yang membuatnya lebih bertenaga dan sekaligus ramah lingkungan standar Euro 2.

Jika berminat meminang motor ini, baiknya perhatikan beberapa hal terlebih dahulu. “Cek kinerja Super KIPS, pastikan bekerja normal pada 6.000-7.000 rpm,” jelas Taufik, mekanik Utama Motor yang spesialis Kawasaki.

No caption
No credit
No caption

Spidometer mudah dibaca, tapi minus indikator bensin
Kualitas oli samping yang digunakan juga harus bagus, agar tidak terjadi tumpukan kerak di area kepala silinder. Jika Super KIPS sudah bermasalah, selain lebih boros BBM, lari motor juga terasa ngempos.

Kemudian cek juga sistem kelistrikan, khususnya kiprok dan aki. Kalau kiprok sudah mulai bermasalah, otomatis pengisian aki akan terganggu dan bisa membuat aki cepat soak. Efek yang paling terasa yaitu cahaya lampu motor menjadi lebih redup dari biasanya.

No caption
No credit
No caption

Peranti pengereman harus prima untuk menghentikan laju motor yang kencang

Ada juga beberapa orang yang mengeluh rem depan kurang pakem dan lebih pakem rem belakang. “Gejala rem kurang pakem biasanya disebabkan tidak menggunakan kampas rem yang orisinal,” tambah pria ramah ini. Meski agak mahal sedikit, lebih baik usahakan pakai part orisinal.

Di pasaran, Ninja tahun 2010 berkode KRL ini masih sekitar Rp 18 juta hingga Rp 19 juta. Walaupun masih mengusung mesin 2-tak yang kini mulai ditinggalkan, tapi harganya tetap stabil karena peminatnya tinggi, khususnya mereka yang berjiwa muda. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Pastikan radiator dalam kondisi normal belum berkarat

No caption
No credit
No caption

Perangkat Super KIPS harus rutin diservis agar performa mesin terjaga

No caption
No credit
No caption

Jika rantai sudah berkarat, baiknya ganti gir set baru

Plus:
1. Mesin terkenal kencang
2. Minim perawatan
3. Resale value bagus

Minus:
1. Cukup boros BBM
2. Super KIPS butuh perawatan ekstra
3. Kulit jok terasa licin

SPESIFIKASI SINGKAT
Kapasitas Mesin: 150cc
Konfigurasi mesin: 1 silinder Super KIPS, HSAS
Transmisi: 6 Speed M/T


Menakar Biaya Servis

Setelah berhasil membawa pulang, baiknya lakukan servis berkala tiap jarak tempuh 2.000-2.500 km supaya performa mesin tetap terjaga. Jika tidak ada problem, biaya jasa servis rutin hanya Rp 50 ribu, menunya yaitu membersihkan karburator, cek rem, kopling dan perangkat kelistrikan.

Kalau ingin sekalian membersihkan Super KIPS-nya, tambahkan saja biaya Rp 40 ribu, dijamin lari motor makin ngacir. Buat yang jam terbangnya sudah tinggi, baiknya melakukan servis besar dengan membongkar kepala silinder, biayanya Rp 175 ribu. Jika terdeteksi ada kerusakan berat dan mengharuskan turun mesin, ongkos overhaul-nya Rp 400 ribu saja. Semua harga tersebut di luar parts yang diganti.

Untuk servis Super KIPS, normalnya dianjurkan tiap tiga bulan sekali. Tapi itu tergantung juga dengan kualitas oli samping yang digunakan, kalau spesifikasinya di bawah anjuran pabrik, jangka waktunya bisa lebih cepat. •

Harga Komponen
Busi (NGK B9ECS) Rp 70.000
Kampas rem depan Rp 70.000
Kampas rem belakang Rp 70.000
Kampas kopling Rp 415.000 /set
Oli mesin Rp 50.000
Oli samping Rp 75.000
Aki Rp 160.000
Gir set Rp 365.000
Sumber: Utama Motor, Jl. Raya Bogor Km. 27 No. 1. Telp. 021-937752

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa