Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Membeli Motor Bekas Yamaha Soul GT 2012

Dimas Pradopo - Rabu, 17 Desember 2014 | 17:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Memiliki model yang terinspirasi dari sport car asal Amerika, membuat motor ini banyak dipilih kaum Adam. Tergolong juga motor yang mudah untuk dimodifikasi segala aliran.

Jakarta - Sejak pertama diluncurkan pada tahun 2012, Yamaha Soul GT dilahirkan sebagai suksesor dari generasi sebelumnya yakni Mio Soul. Mesin yang diusung juga telah menggunakan sistem injeksi Yamaha bernama YMJET-FI yang terkenal hemat BBM. Desain bodi yang berotot dan macho tidak dihilangkan sejak generasi pertama.

Selain kelebihan pada desain bodi dan mesin, Soul GT juga memiliki volume bagasi yang cukup besar, bisa menampung jas hujan dan barang bawaan lainnya. Jika tertarik membawa pulang dalam kondisi seken, ada baiknya perhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

“Jika jam terbang sudah tinggi perhatikan bagian CVT. Biasanya roller, belt CVT dan kampas sentrifugal mulai minta jajan,” jelas Arif, mekanik Wijaya Motor Yamaha yang berlokasi di Lubang Buaya, Jaktim. Hal tersebut bisa dirasakan pada saat dikendarai, terasa getaran dari area CVT pada awal akselerasi dan lari motor seperti tertahan pada putaran tinggi.

Selebihnya cukup cek komponen kelistrikan dan yang terpenting sektor injeksinya. Pastikan kondisi aki masih bagus agar tidak mengganggu kerja injeksi bahan bakar. Lalu cek kondisi bohlam lampu depan dan belakang, biasanya kerap putus karena menyala non stop siang malam.Harga Yamaha Soul GT lansiran tahun 2012 di pasaran kini berkisar Rp 7 juta hingga Rp 8 jutaan. Kondisi motor seperti total km di odometer, mesin, bodi juga ikut menentukan harga.• (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

- Volume bagasi di bawah jok cukup besar, cukup untuk menaruh jas hujan

No caption
No credit
No caption

- Spidometer simpel dan mudah dibaca


- Jeroan CVT biasanya mulai minta jajan jika jam terbang sudah tinggi



Menakar Biaya Servis

Skutik ini sudah mengusung mesin injeksi, jadi kalau mau lebih lengkap dan terjamin bisa langsung ke bengkel resmi. Dianjurkan melakukan servis berkala tiap 3.000 km agar performa selalu terjaga.
Buat servis berkala, biayanya RP 40 ribu, servis besar sekitar Rp 175 ribuan dan overhaul mesin dikenakan biaya Rp 250 ribu. Jika ditemukan gejala gredek pada CVT, disarankan untuk overhaul CVT buat membersihkan dan mengganti parts yang bermasalah, biayanya mulai dari Rp 50 ribu. Biasanya yang dicek atau diganti yaitu roller, belt dan kampas kopling.

Buat sistem injeksinya, ada bagusnya kalau sekalian diservis, mengingat jam terbang yang tinggi dan kualitas BBM bersubsidi yang ala kadarnya. Untuk biaya servis dan pembersihan sistem injeksi, mulai dari Rp 75 ribu

Harga Komponen

Busi Rp 13.500 
Kampas rem depan Rp 75.000 
Kampas rem belakang Rp 43.000 
Oli mesin Rp 32.500 
Oli gear Rp 13.000 
Roller Rp 63.000 /set 
Belt Rp 76.000 
Kampas sentrifugal Rp 233.000 
Filter udara Rp 40.000 
Aki Rp 214.000 
Sumber: Wijaya Motor Yamaha, Ruko Lubang Buaya, Jl. Raya Pondok Gede Blok J/K No. 18, Jakarta Timur. 
Telp. 021-8411355

Spesifikasi Singkat

Kapasitas mesin: 113 cc
Konfigurasi mesin: 1 Silinder SOHC YM JET-FI
Transmisi: A/T CVT

+
1. Hemat BBM
2. Aftersales servis terjamin
3. Desain bodi menarik & futuristik 
-
1. Performa mesin kurang bertenaga
2. CVT kerap bermasalah


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa