Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How To Buy Honda BeAT FI Tahun 2013, Ini Yang Harus Diperhatikan!

Dimas Pradopo - Senin, 6 Oktober 2014 | 09:24 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Versi injeksi dengan performa lebih oke dan hemat BBM

Jakarta - Pada awal kemunculannya, Honda BeAT lebih cocok untuk para wanita karena desainnya cukup kecil. Tapi lama-lama banyak pria yang menyukainya dengan salah satu alasan performa mesin lebih baik dari kompetitor.

Di tahun 2012, PT Astra Honda Motor merilis generasi terbaru BeAT dengan mesin injeksi, volume bagasi lebih besar dan desain bodi lebih menarik yang membuatnya semakin diminati pasar.

No caption
No credit
No caption

Jika dana kurang mencukupi untuk membeli yang baru, Honda BeAT FI seken juga bisa menjadi pilihan karena jam terbangnya belum tinggi. Jadi biaya perawatan dan jajan spare part-nya pun juga bisa diminimalisir.

“Saat ini belum ada keluhan yang berarti dari BeAT FI. Cukup perhatikan saja kondisi komponen fast moving-nya,” tutur Harry, mekanik AHASS 908 PT Murni Putramas yang berlokasi di Jl. Margonda Raya No. 273 Depok, Jawa Barat.

No caption
No credit
No caption

Spidometer sporti dan mudah dibaca


Kalau usia pakai masih sekitar 1-2 tahun biasanya yang mulai minta jajan seperti ban dan kampas rem. Posisi aki BeAT FI berada di dek bawah. Meski Honda mengklaim aman dari kemasukan air, tapi ada baiknya setelah membawa pulang lakukan pembersihan di area tersebut. Karena lokasinya di bawah jadi kemungkinan kotornya cukup tinggi. Yang tak kalah penting cek juga kondisi kelistrikannya khususnya lampu.
No caption
No credit
No caption

Kondisi aki wajib prima agar komponen injeksi tidak terganggu. Lalu pastikan semua lampu berfungsi normal. Sebab salah satu kendala yang sering ditemui jika sudah menganut sistem Automatic Headlamp On (AHO), bohlam lampu depan lebih cepat putus karena menyala non stop.
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Cek kondisi lampu, pastikan masih berfungsi normal

No caption
No credit
No caption

Perhatikan kondisi standar tengah, biasanya kerap bengkok

No caption
No credit
No caption




Kotoran rawan bersarang di sekitar ruang mesin

KISARAN HARGA RP 10-11 JUTAAN
Harga Honda BeAT FI tahun 2013 di pasaran motkas masih berkisar Rp 10-11 juta. Karena resale value-nya cukup bagus makanya banyak yang cari.

Kelebihan

1. Mesin bertenaga
2. Hemat BBM
3. Jaringan aftersales service luas

Kekurangan

1. Suara starter elektrik masih berisik
2. Busa jok agak keras
Table: Kapasitas mesin: 108 cc Konfigurasi mesin: 1 silinder SOHC PGM-FI Transmisi: A/T CVT

Menakar Biaya Servis
Agar kondisi motor kembali prima, baiknya langsung lakukan servis. Bisa dilakukan hampir di semua bengkel resmi Honda dan beberapa bengkel umum rekanan Honda, agar perangkat injeksinya dapat ditangani dengan baik dan benar. Buat servis ringan, biaya yang dikenakan hanya Rp 56 ribu. Menu yang didapat yaitu pengecekan dan setel klep jika perlu, ganti oli, cek busi, kelistrikan aki dan pemeriksaan rem.

Untuk servis besar dan bongkar mesin alias overhaul, biaya yang dikenakan Rp 250 ribu, tergantung dari jenis pekerjaan dan tingkat kerusakan mesin. Kemudian biaya servis CVT-nya berkisar Rp 35 ribu saja. Harga-harga tersebut belum termasuk penggantian part. (motor.otomotifnet.com)

Harga Komponen
Busi Rp 21.000
Kampas rem depan Rp 49.000
Kampas rem belakang Rp 45.000
Oli mesin Rp 37.000
Oli CVT Rp 12.000
Belt CVT Rp 125.000
Roller Rp 55.000
Filter udara Rp 45.000
Aki Rp 217.000
Sumber : AHASS 908, PT Murni Putramas. Jl. Margonda Raya No. 273 Depok, Jawa Barat. Telp. 021-91304915 / 021-7775045


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa