Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How to Buy Suzuki Hayate 125 Tahun 2011, Harga Masih Rp 6-8 Jutaan

Dimas Pradopo - Senin, 22 September 2014 | 07:26 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption
 
Suksesor Suzuki Skywave ini menjadi satu-satunya skutik Jepang dengan roda berukuran 16 inci dan sokbreker belakang ganda yang masih diproduksi hingga kini.

Jakarta - Sejak dipasarkan pada 2011 silam, skutik buatan Suzuki ini tergolong stabil penjualannya. Setelah Yamaha Nouvo diskontinyu pada 2007, Hayate merupakan satu-satunya skutik Jepang yang mengusung roda berdiameter 16 inci. Dengan demikian, penerus Suzuki Skywave ini tidak memiliki lawan di kelasnya.

No caption
No credit
No caption

Spidometer simpel dan mudah dibaca


Dengan menggunakan roda 16 inci dan double sokbreker belakang, skutik yang sempat dibintangi oleh pesepakbola Irfan Bachdim ini terkenal nyaman dan tangguh jika dibanding skutik pada umumnya. Ditambah juga volume bagasi besar berkapasitas 17,7 liter yang membuatnya lebih praktis digunakan. Sayangnya resale value motor ini termasuk kurang cerah jika dibanding dengan skutik-skutik beroda 14 inci lainnya.

No caption
No credit
No caption

Mesin masih sejenis dengan Skywave. Volume bagasi terbilang besar, cukup untuk menaruh barang bawaan dan jas hujan. Sokbreker belakang ganda menambah kenyamanan dan stabilitas. Perhatikan bagian yang rawan karat seperti leher knalpot

Sebelum membeli dalam keadaan seken, baiknya perhatikan dulu beberapa sektor agar tidak menyesal dikemudian hari. "Hayate terbilang bandel dan minim perawatan. Sektor CVT-nya sudah mengalami penyempurnaan dari Skywave. Tapi perhatikan kondisi bohlam lampu depan, karena sudah AHO pastikan tidak putus," jelas Rudi, mekanik Suzuki Dewi Sartika, Jaktim. Diameter kopling sentrifugal Hayate yang lebih besar juga banyak digunakan part subtitusi di Skywave.

No caption
No credit
No caption

Bodi depan terlihat elegan dengan lampu double reflektor


Kemudian cek beberapa tempat yang sering terinfeksi karat. Misalnya seperti leher knalpot, piringan disc brake depan dan bagian kaki-kaki lainnya. Selain mengganggu penampilan, karat juga bisa merusak komponen tersebut.


Lampu rem dan sein bergaya ala skutik besar Suzuki


Di pasaran motkas, Suzuki Hayate lansiran tahun 2011 harganya masih berkisar Rp 6-8 jutaan. Kembali lagi pada kondisi motor tersebut dan kepandaian dalam tawar menawar.

KEKURANGAN :
Resale value kurang terjaga
Penjualannya tidak selaris Skywave

KELEBIHAN :

Roda 16 inci & double sokbreker belakang
Volume bagasi besar
Performa mesin cukup mumpuni

Menakar Biaya Servis
Demi menjaga performa mesin, motor ini dianjurkan melakukan servis setiap 2.500 km. Perawatan rutinnya meliputi penggantian oli, pembersihan karburator dan pengecekan klep, kelistrikan dan lainnya.

Untuk biaya servis berkala hanya dikenakan Rp 50 ribu saja. Sedangkan untuk servis bagian CVT-nya cukup dikenakan Rp 35 ribu. Harga tersebut hanya jasa servis saja, belum termasuk penggantian part.

DAFTAR HARGA FASTMOVING
Kampas rem depanRp 70.000
Kampas rem belakangRp 67.000
Oli mesinRp 50.000
Oli CVTRp 13.000
Belt CVTRp 150.000
RollerRp 210.000
Filter udaraRp 70.000
Filter oliRp 12.000
Sumber: Suzuki Dewi Sartika. Jl. Dewi Sartika 121 Cawang, Jakarta Timur. Telp. 021-8011327

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa