Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How to buy Kawasaki ER-6N 2012, Harga Masih Rp 75 Jutaan

Dimas Pradopo - Minggu, 24 Agustus 2014 | 15:20 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
PT Kawasaki Motor Indonesia menghadirkan naked bike Kawasaki ER-6n bermesin 650 cc pada tahun 2012. Motor ini bisa disebut sebagai entry level big bike, dimana kapasitas mesin 2 silindernya masih mudah dijinakkan bagi mereka yang baru bermain moge.

Jakarta - Memiliki moge kini bukan angan-angan lagi karena banyak pabrikan yang menjual produknya secara resmi dengan surat-surat sah. Jika Anda sedang mencari moge bekas dengan harga yang relatif bersahabat, enggak ada salahnya melirik Kawasaki ER-6n racikan 2012.

Motor yang diproduksi Kawasaki Thailand ini saat ini harga barunya di kisaran Rp 102,5 juta (OTR Jakarta). Dengan mesin 650 cc 2 silinder, motor ini punya track record yang bagus dikalangan penggunanya. “Mesin andal, riding position nyaman dan jaminan aftersales yang baik,” buka Joddy Ario, dari bengkel JDM Project yang banyak jadi rujukan pengguna moge tersebut.

No caption
No credit
No caption

Spidometer kecil tapi informasinya lengkap

Sebaiknya cermati hal-hal berikut sebelum meminang unitnya. Seperti yang sudah disebut, mesin terbilang andal. “Enggak pernah dengar ada ER-6n sampai turun mesin. Ini mesin 2 silinder terbaik di kelas 650 cc,” kata Joddy lagi. Menurutnya hanya penggantian kampas kopling yang cepat aus, itu jika pengguna sebelumnya suka buka-tutup gas secara mendadak atau main selip kopling untuk merasakan torsinya.

No caption
No credit
No caption

Tangki muat hingga 16 liter bahan bakar

Perhatikan pula jarak tempuh yang sudah dilalui, mengingat motor ini sering dipakai turing. Kemudian perhatikan fisik jalu setang, shroud tangki. “Bobot motor lumayan berat untuk yang baru main moge, takutnya motor pernah jatuh dan lecet di bagian tersebut,” saran pebengkel di Jl. Jatiwaringin Raya, Jaktim.

No caption
No credit
No caption

Mesin 650 cc punya power 71 Hp dan torsi 64 Nm

Satu hal yang banyak dikeluhkan adalah kemampuan rem depannya yang menurut beberapa pengguna kurang mumpuni. “Makanya banyak yang upgrade kaliper rem pakai merek aftermarket, atau cukup mengganti selang rem braided dipadukan minyak rem DOT 4,” urai pria berkacamata tersebut.

No caption
No credit
No caption

Rem depan dianggap kurang pakem

Hebatnya, Kawasaki ER-6n ini dianggap moge yang ramah dompet. Maksudnya punya harga sparepart yang relatif terjangkau untuk ukuran moge. Untuk part mesin milik Kawasaki ER-6n juga kompatibel dengan Kawasaki Versys 650 dan Kawasaki Ninja 650 karena pakai basis mesin yang sama.

No caption
No credit
No caption

Posisi monosok ada disamping kanan


Yang terakhir Anda harus siapkan dana Rp 75 hingga 85 juta untuk menebus unit keluaran tahun 2012. Untuk mendapatkannya bisa dari pemilik langsung atau gerai khusus penjual moge bekas. Harga tersebut bisa semakin tinggi jika motor sudah terpasang beberapa aksesori branded. (motor.otomotifnet.com)


Posisi knalpot di kolong, biasanya sudah diganti produk aftermarket

SPESIFIKASI:
Kapasitas mesin : 650 cc Tipe mesin: Twin paralel, DOHC 8 valve Transmisi: 6 percepatan

KISARAN HARGA RP 75-85 JUTAAN

KELEBIHAN:
- Jaminan aftersales
- Riding positionnyaman
- Mesin bandel


KEKURANGAN:

- Panas mesin terasa dikaki
- Rem depan kurang pakem

Menakar Biaya Servis
Perawatan moge seperti Kawasaki ER-6n sama dengan motor pada umumnya. Servis rutin setiap 6.000 km, tapi jika sering digunakan bisa setiap 3.000 km. Oli mesin yang digunakan 2,3 liter, jika ganti filter oli mencapai 2,8 liter. Jadi Anda harus menebus 3 botol oli ketika melakukan penggantian oli.

Urusan servis di JDM Project, servis ringan berikut injector cleaner Rp 150 ribu. Sedangkan servis besar dikenai biaya Rp 700 ribu. Itu hanya biaya jasa diluar penggantian sparepart. Untuk harga part Joddy berpatokan dari pricelist Kawasaki Indonesia di website resminya.

Daftar harga Biaya Servis
Busi : Rp 215 ribu
Oli: Rp 31 ribu x 3
Filter udara: Rp 115 ribu
Kampas rem depan: Rp 420 ribu x 2
Kampas rem belakang: Rp 400 ribu
Gir depan: Rp 260 ribu
Gir belakang: Rp 400 ribu
Rantai: Rp 1,05 juta
Sumber : JDM Project Jl. Jatiwaringin Raya, No. 1a, Jaktim
Telpon : 087882437850


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa