Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How To Buy KTM Duke 200 Tahun 2013, Perhatikan Plus Minus-nya!

Dimas Pradopo - Selasa, 10 Juni 2014 | 14:20 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption


Jakarta - Pilihan motor tipe sport kelas 200 sampai 225 cc tidak terlalu banyak di pasaran. Dua pemain utama yakni Honda Tiger dan Yamaha Scorpio sudah tidak terdengar lagi gaungnya. Praktis tinggal Kawasaki Pulsar 200NS dan KTM Duke 200. Jika memang motor dengan kapasitas mesin 200 hingga 225 cc yang Anda incar, coba pilih KTM Duke 200.

Kenapa? Karena dibanding kompetitor, motor ini punya keluaran tenaga yang lebih besar, mencapai 24,6 Dk dan torsi 19 Nm! Selain itu desainnya bisa dibilang out of the box, cocok untuk yang mau tampil beda dan gaya. Dan jangan lupakan juga brand KTM sebagai produsen sepeda motor ternama dari Austria.

No caption
No credit
No caption

Sokbreker upside down rawan bocor


Jika harga barunya yang sekitar Rp 57 jutaan terlalu mahal, maka Anda bisa mendapatkan unit bekas tahun 2013 dengan harga lebih bersahabat. Kisarannya di angka Rp 47,5 sampai Rp 55 Juta. Namun belum banyak gerai motor bekas yang menjual unitnya, jadi harus berburu ke pemilik langsung.

“Motor ini relatif tanpa masalah berarti, harga spare part juga termasuk terjangkau dan ada alternatifnya,” kata Alex Samosir, Direktur KTM Farindo (FHIGZ) di Depok, Jabar. “Mungkin untuk pengguna baru, ada beberapa trik yang harus dimengerti nih,” tambahnya.

No caption
No credit
No caption

Spidometer sudah full digital

Pertama lindungi sokbreker depan dengan protector kain. “Untuk melindungi sil sok dari debu, karakter sok tipe upside down gampang bocor karena debu,” kata pria ramah ini. Lalu jika membongkar disc brake, jangan sembarangan mengganti bautnya karena bisa mengacaukan sensor spidometer.

No caption
No credit
No caption

Lekukan tangki bahan bakar sangat kekar dan kokoh

Nah yang paling sering dialami yaitu penunjuk temperatur suhu mesin mencapai batas maksimal dan mesin mati. Ini hal normal karena perbedaan suhu antara negara asal motor di Eropa dan Indonesia. “Solusinya cukup upgrade OS di bengkel resmi, biayanya gratis untuk motor di bawah 1 tahun, kalo di atas itu kena jasa,” papar Alex.

No caption
No credit
No caption

Jika beruntung, pemilik sebelumnya sudah pasang beberapa aksesori


Untuk aftersales, bengkel resmi KTM sudah tersebar di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Depok, Semarang, Bandung, Surabaya, Malang, Gresik, Pekanbaru, Medan, Balikpapan, Samarinda dan kota-kota lainnya. Jika dalam kondisi darurat, beberapa part bisa substitusi dengan Kawasaki Pulsar 200NS, seperti kampas rem.

No caption
No credit
No caption

Performa mesin jadi salah satu nilai jual motor ini


Selebihnya tinggal lakukan perawatan rutin setiap 3 bulan atau 5 ribu km. “Periode servis tergantung dari kualitas oli yang dipakai, kalo pakai oli yang tidak direkomendasi periode servis bisa lebih singkat,” saran wanti. 

No caption
No credit
No caption

Model swing arm kokoh dan unik


KISARAN HARGA RP 47,5-55 JUTAAN

Kelebihan

1. Model unik
2. Performa mesin baik

Kekurangan

1. Sil sok depan rawan bocor
2. Mesin panas


Knalpot ada di kolong dekat roda belakang, aman dari banjir



Menakar Biaya Servis

Untuk servis ringan Anda perlu siapkan Rp 50 ribu untuk jasa. Sedangkan servis besar Rp 200 ribu. Untuk upgrade OS supaya indikator suhu tidak mencapai batas maksimal dikenai biaya Rp 250 ribu.

Siapkan dana ekstra ketika rantai dan gir mulai aus, karena harganya lumayan tinggi. Rantai saja dijual Rp 1,8 Juta, sementara gir belakang Rp 750 ribu. Sedang gir depan di kisaran Rp 150 ribu. (motor.otomotifnet.com)

Daftar fast moving

Busi Rp 100 ribu
Filter oli Rp 100 ribu
Oli mesin Motorex Rp 220 ribu
Kampas rem depan Rp 180 ribu
Kampas rem belakang Rp 150 ribu
Aki Rp 400 ribu
Gir depan Rp 150 ribu
Gir belakang Rp 750 ribu
Rantai Rp 1,8 juta
Sumber: KTM Farindo, Jl. Tole Iskandar No. 162. Depok Telpon: 021-77823548


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa