Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How to Buy: Piaggio Vespa S 150ie 3V 2013

Dimas Pradopo - Selasa, 3 Juni 2014 | 09:14 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Siapa yang tak kenal Vespa? Motor legendaris yang sudah eksis sejak zaman dahulu kala ini bisa dibilang enggak ada matinya. Mulai dari versi klasik sampai modern banyak diminati pecintanya.

Misalnya seperti Vespa S yang akan kita bahas berikut ini, memiliki desain bodi semok dan headlamp yang mengotak mengingatkan pada Vespa PTS Smallframe eksis di tahun 70-an dan 80-an.

Jika berminat membeli Vespa S dalam kondisi seken, baiknya perhatikan beberapa sektor agar tidak kecewa dikemudian hari. “Coba di tes jalan, rasakan ada getaran yang berlebih atau tidak di bagian CVT,” ujar Heru Alfarrel, Service Advisor Piaggio Kalimalang.

No caption
No credit
No caption

Cek kualitas kampas rem, agar pengereman tetap prima

Biasanya sumber getar tersebut berasal dari roller-nya yang mulai minta jajan, solusinya bisa diganti baru sekaligus pilih roller yang bobotnya sedikit lebih berat dari standarnya.

Kemudian cek sistem kelistrikannya, pastikan kondisi aki masih prima agar kinerja lampu dan mesin tetap normal, serta komponen injeksi tidak terganggu. Lalu cek juga komponen fast moving seperti kampas rem, ban dan lainnya, apakah masih bagus atau sudah minta jajan.

No caption
No credit
No caption

Mika headlamp lama kelamaan mulai menguning

Selebihnya, masih jarang ditemukan problem pada Vespa S. Hanya saja, karena motor ini memiliki spesifikasi Eropa, jadi posisi standar tengah cukup rendah dan kerap mentok polisi tidur di Indonesia, terlebih jika motor dalam kondisi boncengan.

Untuk harga di pasaran motor bekas, Vespa S 150ie 3V lansiran tahun 2013 masih berkisar Rp 23 juta sampai Rp 25 juta dalam kondisi standar. Jika sudah ada penambahan modifikasi dan aksesori, kemungkinan harganya bisa lebih tinggi.

Kelebihan :

1. Modelnya klasik dan timeless
2. Bagasi di bawah jokcukup besar
3. Nyaman dikendarai

Kekurangan :
1. Suara mesin agak kasar
2. Konsumsi BBM cukup boros

No caption
No credit
No caption

Bagasi cukup besar


No caption
No credit
No caption

Getaran saat motor dijalankan biasanya berasal dari sektor CVT


Ruang kaki luas, nyaman ketika dikendarai



Yup, agar motor kembali fit setelah dipinang, ada baiknya langsung melakukan servis ke dealer resmi. Cek semua bagian supaya dapat diketahui bila ada komponen yang bermasalah atau perlu diganti. Untuk servis berkala, dianjurkan melakukannya setiap 3.000 km.

Asiknya, karena berumur masih muda, nggak perlu takut biaya membengkak. Sebagai ilustrasi, buat harga jasa servis berkala, dikenakan Rp 65 ribu, servis besar Rp 180 ribu, lalu jika butuh turun mesin atau overhaul dikenakan biaya sekitar Rp 318 ribu. Harga tersebut hanya jasa saja belum termasuk penggantian part.

Yuk, belanja (motor.otomotifnet.com)

Daftar Fast Moving Piaggio Vespa  S 150ie 3V 2013
Kampas rem depan: Rp 110.000
Kampas rem belakang: Rp 77.000
Busi: Rp 70.000
Oli mesin: Rp 63.000
Oli CVT: Rp 19.500
Belt CVT: Rp 275.000
Aki: Rp 500.000
Sumber: Piaggio Kalimalang. Jl. Inspeksi Kalimalang Blok A1 No. 2-3, Lampiri, Jakarta Timur. Telp. 021-80874597

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa