Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How to Buy Yamaha Jupiter MX 2008, Kisaran Harga Rp 7 Jutaan

Dimas Pradopo - Minggu, 1 Juni 2014 | 10:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Masalah perawatan lanjutan tidak perlu ragu lagi, selain jaringan dealer resmi tersebar pula bengkel-bengkel spesialis. Spare part genuine sampai aftermarket tersedia banyak di pasaran.

Jakarta - Ada beberapa faktor yang dijadikan patokan untuk memilih motor, pertama tentu kenyamanan, konsumsi bahan bakarnya, kemudian performa mesin. Jika Anda sedang mencari-cari motor bebek dengan performa baik dan nyaman digunakan, bisa melirik Yamaha Jupiter MX rakitan tahun 2008 ini.

Yup, masalah ergonomi berkendara, motor bebek yang dibintangi komedian Komeng ini terbilang nyaman. Redaman lembut dipadu performa mesin yang mumpuni untuk ukuran sebuah motor bebek. Dengan mesin tegak berkapasitas 135 cc, 4-tak, 4 klep SOHC berpendingin cairan, muntahan tenaga dan torsinya lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari.

No caption
No credit
No caption

Posisi lampu sein dan lampu senja di bodi depan, lebih terlihat pengendara lain

Tersedia dalam tipe kopling otomatis dan kopling manual. Untuk yang ada di foto ini adalah tipe kopling manual dengan pembeda handel kopling di setang sebelah kiri. Harga unit bekas antara keduanya pun bisa dibilang sama alias tidak beda jauh. Jadi Anda sendri yang tentukan, mau yang kopling otomatis atau kopling manual.

“Pakai motor ini dari 2008, mesin sangat bertenaga untuk harian. Melewati jalan rusak tetap nyaman,” kata Dwi Prasetyo, pengguna Yamaha Jupiter MX.

“Motor terbilang awet, paling hanya penyakit bawaan seperti sokbreker belakang amblas, kopling selip dan rantai cepat aus,” timpal Heri Prasetyawan, dari bengkel Jaw’s Speed (JS), yang jadi rujukan pengguna motor ini untuk wilayah Depok.

No caption
No credit
No caption

Bodi motor agak rumit untuk dibongkar ketika servis

Masalah perawatan tidak perlu ragu lagi, selain jaringan dealer resmi Yamaha, tersebar pula bengkel-bengkel spesialis seperti JS tadi. Pilihan spare part pun beragam, mulai dari part genuine sampai sparepart aftermarket tersedia banyak di pasaran.

Selebihnya Anda tinggal lakukan perawatan berkala dengan lakukan servis rutin dan mengganti oli mesin setiap 2.000 km. Untuk mendapatkan motor keluaran 2008 dengan kopling manual dan pelek racing, Anda harus menyiapkan dana Rp 6,5 sampa Rp 7,5 Juta untuk memboyongnya pulang.

No caption
No credit
No caption

Spidometer serba analog dengan penunjuk posisi persneling di bagian atas

No caption
No credit
No caption

Monosok harus diservis dengan ditambah oli supaya tidak amblas lagi

No caption
No credit
No caption

Pendinginan mesin lebih maksimal dengan cairan

No caption
No credit
No caption

Tersedia pilihan kopling manual atau kopling otomatis


Rem belakang masih andalkan model Tromol


KISARAN HARGA
Rp 6,5 Juta– Rp 7,5 Juta  

KELEBIHAN:

1. Mesin bertenaga
2. Jaminan aftersales
3. Pilihan part banyak

KEKURANGAN:
1. Waspada kopling selip
2. Sokbreker mudah amblas
3. Bahan bakar agak boros

Menakar Biaya Servis

Untuk biaya servis ringan, siapkan dana Rp 30 ribu. Sedangkan servis besar dan overhaul, Heri mematok Rp 100 ribu dan Rp 300 ribu untuk jasa saja. Untuk memperbaiki sokbreker belakang amblas cukup Rp 90 ribu.

Rantai yang cepat aus merupakan efek dari amblasnya sokbreker, karena rantai terlalu ketarik. Harga rantai Rp 70 ribu. Masalah kopling selip, diharuskan ganti kampas dan melubangi rumah kopling supaya sirkulasi oli lebih baik. Lalu oli pakai yang 1 liter/botolnya. Biayanya Rp 160 ribu di luar oli mesin. . (motor.otomotifnet.com)


Daftar Harga Fast Moving
Busi Rp 12 ribu
Filter oli Rp 24 ribu
Filter udara Rp 31 ribu
Oli mesin Yamalube 1 liter Rp 37 ribu
Kampas rem depan Rp 80 ribu
Kampas rem belakang Rp 42 ribu
Kampas kopling Rp 99 ribu
Gir set Rp 174 ribu
 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa