Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor Bekas Yamaha Xeon 2011, Karakter Cepat Jadi Unggulan

billy - Rabu, 15 Januari 2014 | 13:09 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Spidometer masih aman untuk racikan tahun 2011
Jakarta - Saat diperkenalkan tahun 2010, Yamaha Xeon hadir dengan tagline “Extraordinary Matic”. Meski didesain skuter matik, namun aplikasi teknologi yang diusungnya digaransi mampu memikat para speedgoers. Simak saja, aplikasi silinder antigores DiAsil Cylinder dan forged piston. Ini sekaligus menjadikan Yamaha Xeon sebagai motor matik pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi motor sport.

“Saya suka dengan desainnya yang sporti dan kapasitas bagasinya yang cukup lapang. Tarikannya juga enak,” ungkap Yonna, ibu rumah tangga yang memilih Yamaha Xeon keluaran tahun 2011. Di pasar motor bekas, banderol harga Yamaha Xeon tergolong variatif antara Rp 8,5 juta hingga Rp 9,5 juta. Harga ini tentu tergolong cukup terjangkau, karena saat dilansir pertama kali kisaran harganya di angka Rp 16 jutaan.

“Yamaha Xeon memiliki desain untuk kebutuhan berkendara perkotaan dengan tingkat akselerasi yang baik. Itulah nampaknya yang membuat posisi ground clearance-nya dan posisi connecting rod mesin yang rendah. Tujuannya agar stabil saat diajak berakselerasi,” ungkap Slamet, Kepala Bengkel dari JG Motor Bojonggede, bengkel resmi Yamaha di bilangan jalan raya Pabuaran, kabupaten Bogor.

No caption
No credit
No caption

Ruang barang cukup membantu ketika membawa barang berlebih. Jok terbilang nyaman, busanya empuk. Beberapa motkas sudah terlihat baret halus pada bagian belakang
Menurut Slamet untuk membeli Yamaha Xeon seken tentu saja mengecek nomor rangka dan nomor mesin sesuai surat – surat. Setelah itu dari kondisi kesehatan mesin, perhatikan kondisi mesin saat dinyalakan, langsam atau tidak. Perhatikan bagian ini karena bisa mengakibatkan keluarnya biaya yang tinggi.

Langkah berikutnya adalah lakukan tes jalan untuk mengecek kestabilan laju kendaraan dan fungsi kelistrikan. Mulai dari lampu sein, lampu dekat atau jauh, klakson dan electric starter.

Langkah lain yang tidak kalah pentingnya adalah mengetahui sejarah riwayat servis kendaraan melalui buku servis atau bon servis di bengkel resmi. (motor.otomotifnet.com) 

Estimasi harga:

Rp 8,5 juta - Rp 9,5 juta

KELEBIHAN
Akselerasi nyaman
Bagasi cukup lapang untuk simpan helm atau perlengkapan antihujan
Desain jok cukup tebal sehingga nyaman diduduki
Harga komponen terbilang terjangkau

KEKURANGAN
Beberapa lokasi bodi ditemui baret halus untuk usia dua tahun pemakaian
Suspensi agak keras


Jangan lupa perawatan mesin setiap 2.000 km - 3.000 km
Menakar Biaya Servis
Menurut standar, periode servis Yamaha Xeon adalah setiap per 3.000 km. Meski demikian, Slamet selaku Kepala Bengkel dari JG Motor Bojonggede (bengkel resmi Yamaha di jalan raya Pabuaran – Bogor), memberi saran sebaiknya periode servis per 2.000 km dengan pertimbangan tingkat stress mesin dan kondisi jalan di kota – kota besar Indonesia yang parah, khususnya di wilayah Jabodetabek.

Untuk biaya servis standar Yamaha Xeon dikenai biaya Rp 40 ribu. Sementara untuk biaya bongkar CVT dikenai ongkos tambahan Rp 35 ribu (belum termasuk biaya pelumas CVT (grease).

Lalu pergantian oli mesin disarankan per 2.000 km, dan busi per 6.000 km. Lalu untuk filter udara jika di jalanan berdebu di kisaran 10.000 km, serta oli gardan per 9.000 km meski disarankan per 6.000 km.

1. Kampas Rem Depan: Rp 74.000
2. Kampas Rem Belakang: Rp 42.000
3. V-Belt (per 25.000 km): Rp 82.000
4. Roller (x 6, @ Rp 7.000): Rp 42.000
5. Busi: Rp 12.000
6. Filter Udara (per 14.000 km): Rp 37.000
Sumber : ?JG Motor Bojonggede. Jl. Raya Pabuaran No. 208. Bojong Gede – Bogor No. Telp: 0857-1982 0704 / 0821-1084 9124. ]

 



Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa