Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Franchise Bengkel dan Modifikasi Motor F-16

Dimas Pradopo - Selasa, 5 Maret 2013 | 13:08 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Dunia usaha di Indonesia masih terbuka cukup lebar, tapi jangan salah, alih-alih mendapatkan keuntungan, Anda malah bisa merugi jika memilih bisnis yang tidak tepat.

Nah, buat yang memiliki minat di bidang otomotif dan ingin memiliki bengkel sendiri, tepat rasanya jika bergabung dengan franchise F-16 Indonesia Workshop Association.

F-16 Indonesia Workshop Association (F16 IWA) adalah bengkel modifikasi motor yang menawarkan konsep kemitraan (franchise). Kini, bengkel ini telah memiliki 28 cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Pemilik F-16 IWA, Willy Dreeskandar menjelaskan bahwa prospek bisnis bengkel motor sangat menjanjikan, asalkan mampu berinovasi mengikuti perkembangan zaman.

Menurut Willy, F-16 memiliki konsep dan diferensiasi jelas. Bila di bengkel biasa motor yang datang adalah motor yang rusak. Namun motor yang datang ke F-16 adalah motor yang sehat dan ingin tampil beda atau bahkan langsung kena sentuhan modifikasi.

Sehingga di F-16 tidak hanya melayani service atau perbaikan, tapi lebih berkonsentrasi pada modifikasi dengan mengusung konsep lifestyle,fashion, boutiqie, and modification.

“Bayangin kalo motor ditune-up, jasanya paling Rp 25 ribu sementara jual spare-parts keuntungannya sekitar 10-15 persen dari harga. Bandingkan dengan modifikasi, satu barang saja bisa mencapai Rp 300 ribu dan keuntunganya bisa mencapai 60 persen,” jelas Willy berbagi pengalaman.


Lalu, bagaimana caranya untuk punya cabang F-16? Mudah kok, satu paket manajemen cukup menyediakan Rp 80 juta untuk dua tahun. Dengan modal awal tersebut, Anda akan mendapatkan alat bengkel lengkap, plus digital tachometer dan smart charger accu.

Lalu member akan mendapat dua orang mekanik atau modifikator terlatih serta satu orang staf toko yang juga terlatih. Selain itu member juga akan mendapat training dan akomodasi di F-16 Head Office Center, tutorial mekanik dan staf toko F-16 senior yang akan ditempatkan di bengkel member.

“Plus, kami juga akan memberi pendampingan dan bimbingan marketing, trend variasi, skill dan trik modifikasi kepada member,“ jelas Willy. Sedang untuk isi tokonya, tersedia berbagai paket nominal Rp 150 juta, Rp 200 juta, dan Rp 250 juta.

“Pemilihan barangnya nanti akan disesuaikan dengan survey dan kebutuhan pasar di daerah bersangkutan,“ ujar Willy yang bengkelnya di 2011 pernah mendapat penghargaan The Market Leader Franchise & Business Opportunity untuk kategori toko aksesoris dan bengkel sepeda motor.

Willy menambahkan, Indonesia kini berada di posisi ke-3 negara dengan populasi sepeda motor terbanyak di dunia. Karena itu bisnis di bidang ini amat sangat menjanjikan, apalagi banyak orang yang ingin mengekspresikan karakternya di motor kesayangannya hingga menjadi gaya hidup tersendiri.

“Disitulah peluang ekonominya, selain itu kita juga harus jeli mengikuti tren yang sedang berkembang supaya tidak ketinggalan," tutup Willy.

F-16 Indonesia Workshop Association
Jl HOS Cokroaminoto (Jln Ciledug Raya) no 16 Ciledug, Tangerang
hp: 0813-1946-1947 /  021-7344-6678


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa