Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenaikan DP Kredit Pembelian Sepeda Motor Ditanggapi Dingin

Dimas Pradopo - Rabu, 13 Juni 2012 | 22:25 WIB
No caption
No credit
No caption


Jelang pelaksanaan ketentuan Bank Indonesia yang memberlakukan kenaikan uang muka (DP) kredit pembelian sepeda motor hingga 25 persen pada 15 Juni mendatang, keputusan ini ditanggapi dingin oleh lembaga pembiayaan dan jaringan penjualan sepeda motor.

Tidak ada aksi jor-joran promo memanfaatkan sisa waktu menikmati aturan DP 10 persen. “Untuk DP masih sama dengan bulan sebelumnya, subsidi DP nya juga masih sama dengan bulan kemarin. Tidak ada yang berubah,” tutur salah satu sales counter Honda Clara Motor 2 di Jl Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

“Kami juga tidak ada persiapan atau promosi khusus,” tutur Aria Dwi Putera, supervisor sales dealer Yamaha Aneka Jasa Bogor. "Jika ketetapan DP menjadi 25 persen ya mau gak mau diikuti saja,” enteng Haryo Wicaksono, showroom manager Kawasaki Motorave Pondok Indah.

Malah di beberapa jaringan penjualan sepeda motor, sudah ada lembaga pembiayaan yang lebih dulu mengaplikasikan DP 25 persen. Tanggal 15 Juni sudah dekat, kalau beli motor sekarang ditambah waktu untuk urusan administrasi tetap saja bisa kena aturan baru.

Padahal dengan aturan yang baru dengan uang muka dipatok minimal 25 persen, beban awal yang harus ditanggung konsumen saat hendak membeli motor jadi lebih berat. Misalnya, harga sebuah skubek entery level yang dijual Rp 12,5 juta. Artinya DP yang disiapkan konsumen untuk membelinya adalah minimal Rp 3,125 juta.

Jauh lebih tinggi dari batas minimal DP sebelumnya yang hanya 10 persen. Dengan DP 10 persen dan subsidi dari produsen, DP bisa hanya Rp 500 ribuan saja. Beban yang lebih berat ini juga diprediksi akan membuat penjualan sepeda motor nasional terkoreksi turun. (motorplus-online.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa