Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda CBR250R Dibekali Mesin Satu Silinder Over Square, Siap Tantang Ninja!

Editor - Rabu, 20 Oktober 2010 | 14:09 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Tabir motor sport baru Honda CBR250R mulai terkuak. Kalau urusan gambarnya memang sudah banyak beredar di internet, malah ada beberapa versi, yang pasti kesemuanya cukup menarik meski terlihat lebih elegan ketimbang Kawasaki Ninja 250R. Tapi urusan mesin apa kabarnya?

OTOMOTIFNET.com mendapatkan sedikit gambaran tentang mesin baru Honda CBR250RR yang memang benar-benar baru. Mesinnya bukan seperti versi CBR250 yang pernah muncul dari tahun 1987 hingga 1999. Kala itu mesinnya fantastis, 4 silinder segaris dengan output power lebih dari 40dk. Tapi yang ini cukup satu silinder.

Meski satu silinder tapi kemampuannya diyakini tetap baik dan lebih efisien, hal ini diungkapkan petinggi Honda Thailand yang tidak sengaja bertemu di Sepang saat nonton MotoGP bareng salah seorang awak OTOMOTIFNET.com. Mesin satu silinder punya beberapa keunggulan ketimbang banyak silinder, paling utama adalah soal kemudahan perawatan dan kemudahan setting buat yang suka ngoprek.

Berarti benar dong kalau mesin yang akan dipakai basisnya dari motor trail Honda CRF250 ? Ups, siapa bilang, menurut si narasumber tadi mesin ini benar-benar baru dan berbeda karakter dengan CFR250. Kalau CRF250 berkarakter over stroke (stroke lebih panjang dari diameter piston) untuk mengejar torsi dan akselerasi di putaran bawah, sedang mesin baru CBR250R punya stang piston lebih pendek dari diameter piston (over square).

Nah, mesin dengan karakter seperti ini punya karakter mudah mengail putaran mesin tinggi yang berguna untuk memperoleh kecepatan tinggi. Setidaknya dengan karakter seperti ini, Honda CBR250R yang bisa dipastikan akan menjejalkan teknoogi DOHC, 4 klep dan pendingin air ini bisa bersaing dengan mesin Ninja 250R yang punya dua silinder.

Power maksimum mesin baru ini pun konon berkisar diangka 33bhp (diukur pada mesin), selisih sedikit bila dibandingkan dengan Ninja 250R yang hanya 31 hp (diukur pada roda). Selain itu Honda CBR250R juga diunggulkan urusan bobot yang lebih ringan. Motor sport yang akan menjadi produk global Honda ini lebih ringan 16 kilogram dibandingkan Ninja 250R, artinya secara power to weight ratio-nya lebih unggul.  

Di Thailand sendiri, Honda CBR250R rencananya akan dijual Rp 34 jutaan, taruhlah dengan pajak ini-itu dijual di Indonesia dengan harga Rp 44 jutaan bila didatangkan secara CBU. Secara harga masih bisa bersaing dengan Ninja 250R. Tapi ini baru bocoran, performa sesungguhnya kita tunggu saja kehadirannya di Indonesia.

Penulis/Foto:Popo/ForumOTOMOTIFNET.com

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa