Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BMW Segera Luncurkan Penantang Goldwing

Editor - Senin, 5 Juli 2010 | 17:14 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Honda Goldwing GL1800 yang identik dengan motor turing mewah dan nyaman, akan segera punya saingan. Pihak BMW baru saja memberikan bocoran bahwa mereka telah menyiapkan K 1600 GT dan GTL yang memiliki fitur canggih idaman penggila turing. Jika Goldwing bermesin GL 6 silinder dengan arah berlawanan, BMW justru menggunakan mesin 6 silinder segaris yang didesain secara kompak.

Mesin 6 silinder inline berkapasita 1600cc ini akan menghasilkan 118kW/7000rpm dan torsi 175 Nm/5000rpm. Hebatnya lagi, sejak putaran 1500 rpm, powernya sudah mencapai 70% dari tenaga maksimal. Bisa kita bayangkan, di atas kertas mesin BMW ini akan lebih powerfull dibanding mesin GL1800 (87kW/5500 rpm dan 167Nm/4000 rpm).

Dari data tersebut dapat dilihat bahwa karakteristik mesin BMW 6 silinder segaris sangat mudah mengail torsi sejak putaran bawah hingga menengah sehingga dapat dihandalkan saat turing. Mesin BMW ini hanya memiliki lebar 22 inci dengan berat hanya 102,6 kg, sehingga diklaim sebagai mesin  enam silinder paling ringan dan paling kompak  untuk sepeda motor.

K 1600 GT/GTL nantinya adalah motor pertama yang dibekali dengan Adaptive headlight. Fitur tersebut memungkinkan sinar lampu dapat diatur otomatis untuk menambah kenyamanan selama perjalanan, bahkan pengemudi lain pun tidak merasa silau.

Fitur standar keselamatan yang turut disematkan seperti ride by wire, ABS, DTC (Dynamic Traction Control), Electronic Suspension dan angel eyes. Tidak hanya itu, BMW berkomitmen untuk menggunakan bahan-bahan ringan untuk mereduksi berat kendaraan. Antara lain dengan menggunakan magnesium pada panel depan dan rangka alumunium.

Integrated Operating concept

Untuk pertama kalinya BMW menggunakan konsep sistem operasi yang menyatu dengan layar LCT TFT berwarna di dashboard. Fitur ini berfungsi sebagai multi controller dan guide menu.

Tidak hanya itu, K 1600 GTL juga memiliki sistem audio yang dapat ditambah dengan perangkat navigasi dan bisa terkoneksi dengan I pod, MP3, USB, Bluetooth dan radio satelit (hanya Amerika Serikat dan Kanada). Tapi khusus tipe K 1600 GT hanya tersedia CD player.

Pada mode perjalanan tersedia tiga pilihan yaitu Rain, Road dan Dynamic yang dapat disesuaikan dengan kondisi perjalanan atau keinginan pengendara. Belum ada informasi mengenai daftar harga maupun tanggal rilis. Kita tunggu saja!
   
Penulis: Spidlova
Foto: BMW

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa