Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor 2000cc Satu Silinder, Berani Coba?

Editor - Senin, 19 April 2010 | 13:55 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Sepintas, tak ada yang istimewa dari motor NSU Bison 2000 ini kecuali tampangnya yang buluk. Meski begitu, jangan anggap remeh. Karena motor ini memiliki kapasitas mesin bervolume 2000cc. Dan diklaim sebagai motor bersilinder tunggal  dengan kapasitas mesin terbesar di dunia. Mantab kan!

Proyek gila ini dikerjakan oleh Fritz Langer yang ingin membuat motor silinder tunggal dengan kapasitas raksasa. Uniknya, Fritz membangun NSU Bison 2000cc ini dengan basis motor  NSU Konsul buatan tahun 50-an..

Modifikasi mesin yang dilakukan Fritz cukup ekstrim, yakni dengan mengganti silinder blok dan piston original NSU Konsul yang standarnya hanya berkapasitas 500cc dengan mesin pesawat radial berkapasitas 2000cc. Sayangnya, besarnya tenaga yang dihasilkan motor ini masih belum diketahui.

Salah satu kendala yang dihadapi dalam membangun motor ini adalah bobot piston yang cukup berat yakni, 3,3 kg. Fritz pun mengakalinya dengan memakai piston Mahle yang bobotnya lebih ringan, hanya 1,6 kg. Belum lagi masalah pendinginan karena mesin ini masih menggunakan pendingin udara. Solusinya, kisi-kisi udara mesin ini diperlebar.

Sayangnya faktor kenyamanan sama sekali tidak diperhatikan pada motor ini. Selain bersasis rigid dan suspensi depan springer yang membuat badan pegal. Apalagi Fritz pun tidak membuat peredam getaran mesin pada motor ini. Jangankan 2000cc, motor 500cc satu silinder pun sudah memiliki getaran cukup besar.

Suara motor ini dijamin akan memekakan telinga karena knalpot berbahan stainless steel berdiameter 3 inci ini tidak dilengkapi peredam suara. Belum lagi, dibutuhkan tenaga ekstra untuk menghidupkan mesin ini, karena NSU Bison 2000 hanya menggunakan kick starter.   

Berani coba?

Penulis/Foto: Ilham/bikeexif

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa