Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Minat Yamaha Mio 2006 (Second) Perhatikan Ring Pistonnya

Editor - Sabtu, 17 April 2010 | 09:25 WIB
Minat Yamaha Mio 2006 (Second) Perhatikan Ring Pistonnya
Minat Yamaha Mio 2006 (Second) Perhatikan Ring Pistonnya

OTOMOTIFNET - Sampai saat ini penjualan unit baru andalan Yamaha ini masih menguasai pasar skutik. Namun, di pasar motkas sudah tak terlalu dominan. Menurut beberapa penjual motkas, kini mulai disaingi oleh anadalan Honda BeAT.

Bila dilihat sejarahnya, motor lansiran pabrik berlambang garputala ini layak menjadi raja skutik. Walaupun yang mengawali Kymco dan diteruskan Yamaha Nouvo, namun paling getol mendapat respon yang baik dari masyarakat adalah Mio.

Larisnya Mio juga ditunjang dari gampangnya menemukan komponen variasi, baik untuk menunjang penampilan maupun performa. Merek pun beragam, dari lokal sampai impor.

Apalagi di dunia modifikasi sangat banyak modifikator yang melakukan ubahan pada skutik buatan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia ini. Baik segi tampilan sampai performa mesin.

Bagaimana dengan mesin? Mari amati spesifikasinya. Isi silindernya 113,7 cc didapat dari piston dengan diameter x langkah 50,0 mm x 57,9 mm. Menggunakan karburator buatan Keihin dengan tipe NCV24. Pe­ngapiannya menggunakan CDI tipe DC. Berat kosong motor tergolong ringan, hanya 87 kg, cocok dipakai kaum hawa.

Menurut Anggi, me­kanik bengkel R59 di Jl. Dewi Sartika Ciputat Tangerang, untuk Mio tahun 2006 yang mesti diperhatikan terutama bagian CVT. “Biasanya secondary sl­ee­ding shave sudah aus yang membuat tarikan jadi kurang responsif. Lalu roller peyang, belt, puli, dan kampas CVT juga aus,” terangnya.

“Oh iya yang juga sering terjadi kompresi drop lantaran ring seher aus, efeknya mesin ngempos, tinggal ganti baru, mesin pasti kembali bertenaga. Sekalian bersihkan ruang bakar dan ganti filter udara agar pembakaran kembali normal, sehingga konsumsi bahan bakar tetap efisien,” lanjutnya.


Orisinal KW
Kampas rem depan 45.000 20.000
Kampas rem belakang 40.000 20.000
keteng
65.000 -
Piston dan ring
12.000 -
Busi
117.000 -
Roller 1 set
114.000 50.000
Filter Udara
30.000 -
Sumber: R59 Jl.Dewi Sartika No.32D Ciputat Tangerang 021-7430062

 

Penulis/Foto: Aant / Aant

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa