Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Spin NR 2009 (Second) Cuma Rp 9 Jutaan!

Editor - Kamis, 15 April 2010 | 06:34 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Kendati hadir belakangan di kelasnya, penampilan dan performa Spin cukup menggoda. Pasalnya, dalam kondisi standar, Spin paling besar volume silindernya, mencapai 125 cc. Artinya output tenaga juga paling besar.

Melihat data tersebut, untuk turun road race khususnya kelas standar 130 cc punya keuntungan tersendiri. Tak perlu ganti piston besar karena sudah mendekati volume maksimum. Alhasil daya tahan mesin bisa paling baik, lantaran panas mesin masih mirip standarnya.

“Sayang, sasis Spin susah diajak belok, jadi kendati mesin kencang akan percuma jika sulit dikendalikan,” terang Mariasan Kocek, pembalap sekaligus mekanik dari JP Racing di kawasan Ciputat.

Agar bisa bersaing di lintasan balap, tentu perlu riset khusus pada sasis dan kaki-kaki. Agar laju motor bisa menurut sesuai yang diinginkan dan tetap nyaman sepanjang balapan.

Kekurangan lain ada pada dek, di mana hanya ada di bagian depan. Sehingga jika untuk turun balap mesti memasang footstep tambahan. “Jika pakai footstep belakang, posisinya terlalu mundur,” lanjutnya. Hal ini beda dengan kompetitor yang posisi kaki pada dek standar sangat fleksibel.

Soal harga menjadi keunggulan dari Spin. Dibanding kompetitor, dengan tahun yang sama Spin bisa ditebus lebih murah, dana yang tersisa tentu bisa untuk belanja part racing. “Untuk yang night race (NR) keluaran tahun 2009 sekitar Rp 9 juta,” terang Edo, pemilik gerai motkas Panca Makmur di kawasan Ciledug, Tangerang.

Nah jika sudah ditebus, sebelum dipakai turun balap ada baiknya mesin dibongkar total. Dilakukan untuk memastikan kondisi komponen internal, terutama kruk as. Karena jika tidak balance, akan mengakibatkan getaran. Selain itu putaran mesin tak bisa tinggi.

Orisinal
Kampas rem depan 40.000
Kampas rem belakang 42.000
Roller 20.000x6
V belt
120.000
Bohlam lampu depan
11.000
Bohlam belakang
11.000
Busi 13.000
Kabel rem belakang 30.000
Filter oli 8.000
Sumber: AHASS Clara Motor Jl.Arteri No.5 Kebon Jeruk Jakbar 021-53672007

 
Penulis/Foto: Aant / Aant

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa